Rusia: 90% Lapangan Terbang Militer Ukraina Hancur

Kamis, 10 Maret 2022 - 01:04 WIB
loading...
Rusia: 90% Lapangan Terbang Militer Ukraina Hancur
Rusia mengklaim telah menghancurkan 90% lapangan terbang Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa 90 persen dari aerodrome militer Ukraina yang menampung sebagian besar Angkatan Udara negara itu telah dihentikan operasinya, dan sebagian dari armada pesawatnya telah terbang ke Rumania dan tidak ambil bagian dalam pertempuran apa pun.

“Pada awal operasi khusus, Angkatan Udara Ukraina memiliki sebanyak 250 pesawat tempur dan helikopter yang dapat digunakan. Pasukan Angkatan Udara Rusia telah menghancurkan 89 pesawat tempur dan 57 helikopter di darat dan di udara,” kata kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov, seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (10/3/2022).

Menurut Konashenkov Angkatan Udara Ukraina juga hampir sepenuhnya kehabisan pilot militer kelas satu dan dua, serta membatasi penerbangan untuk upaya individu guna melakukan misi.



Konashenkov menambahkan Rusia telah menghancurkan 81 stasiun radar dari pasukan pertahanan udara Ukraina, menyebabkan hilangnya kontrol medan perang dan penurunan dramatis dalam kemampuan pertahanan udara negara itu, yang telah dikurangi menjadi hanya kemampuan lokal untuk melawan.

"Pasukan Rusia telah menghancurkan total 2.786 buah infrastruktur militer Ukraina sejak awal operasi," kata Konashenkov.

Sebanyak 49 fasilitas, di antaranya dua titik komando dan kontrol, enam sistem pertahanan udara, empat gudang amunisi dan bahan bakar, dan 37 area konsentrasi peralatan militer dihancurkan dalam operasi hari Rabu.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia itu mengatakan kerugian Ukraina termasuk 953 tank dan kendaraan lapis baja lainnya, 101 sistem artileri roket, 351 buah sistem artileri dan mortir, 718 kendaraan militer, dan 93 drone. Dia juga menunjukkan bahwa 137 sistem pertahanan udara S-125, S-300 dan Buk-M1 Ukraina telah dihancurkan, dengan kerugian ini mencakup lebih dari 90 persen sistem pertahanan udara Ukraina.



Konashenkov juga telah melaporkan dukungan berkelanjutan NATO untuk Ukraina, dengan mengatakan pesawat pengintai aliansi melakukan penerbangan sepanjang waktu di atas wilayah udara Polandia untuk melihat ke wilayah udara Ukraina dan menyampaikan informasi ini kepada pimpinan militer Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)