Awal Mula Arab Saudi Menjadi Sekutu Amerika Serikat

Sabtu, 05 Maret 2022 - 06:01 WIB
loading...
Awal Mula Arab Saudi Menjadi Sekutu Amerika Serikat
Raja Arab Saudi Ibnu Saud bertemu Presiden AS Franklin D Roosevelt di kapal USS Quincy, 14 Februari 1945. Foto/wikipedia
A A A
RIYADH - Salah satu negara kaya dan besar di Timur Tengah, Arab Saudi telah lama menjalin kerja sama dan menjadi negara sekutu Amerika Serikat (AS).

Pada Oktober 2020, Tawazun Gulf Trading Group yang berasal dari Arab Saudi menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan asal AS, Advanced CNG Technologies Inc, untuk membuat rudal di negeri Raja Salman itu.

Proyek itu diluncurkan pada semester kedua 2020 di Riyadh. Melihat kedua negara tersebut memiliki kerja sama yang cukup baik, lantas bagaimana sejarahnya?



AS banyak menemukan tambang minyak di kawasan Timur Tengah, terutama di wilayah Arab Saudi, Bahrain, dan Kuwait sekitar tahun 1933 sampai 1934.



Melihat sangat berpotensinya tambang minyak tersebut, AS langsung berkonsentrasi mengembangkan potensi tersebut.



Dalam tulisan bertajuk “Dinamika Hubungan Politik Luar Negeri Arab Saudi dengan Amerika Serikat”, AS berhasil mendapatkan konsensi untuk mengelola minyak.

Standard Oil Company milik AS resmi beroperasi pada 29 Mei 1933 dan melakukan penambangan minyak di bagian timur Arab Saudi.



Kerja sama kedua negara semakin diperkuat ketika Pangeran Khalid dan Pangeran Faishal mengunjungi Gedung Putih dan bertemu Presiden AS Franklin Delano Roosevelt.

Saat itu, AS memberikan bantuan keamanan kepada Saudi lantaran sudah memberikan akses mudah untuk melakukan penambangan minyak di wilayah Saudi.

Kesepakatan itu terealisasi dan diresmikan langsung oleh Raja Ibnu Saud saat bertemu Roosevelt di kapal USS Quincy, 14 Februari 1945.

Tak selalu mulus, hubungan keduanya terkadang mengalami pasang surut. Contohnya, Raja Faishal sempat melakukan embargo minyak kepada AS karena Presiden Richard Nixon dipandang memihak Israel dalam pertempuran Yom Kippur.

Meskipun demikian, akhirnya kedua negara itu beroposisi melawan Uni Soviet.



Momen penting lainnya yang menunjukkan keeratan hubungan Saudi dan AS dan semakin memperjelas bahwa Saudi adalah sekutu penting bagi AS adalah ketika Perang Teluk yang terjadi sepanjang tahun 1990-1991.

Saudi yang berada di bawah kepemimpinan Raja Fahd berkoalisi dengan AS untuk menyerang Irak. Fahd sangat mengecam invansi yang dilakukan Irak terhadap Kuwait, sehingga meletuslah Perang Teluk.

Dalam peristiwa itu, Saudi melakukan serangan tak terduga sebanyak 7 ribu kali kepada pihak Irak. Dari pihak AS, sebanyak 230 ribu tentara juga diturunkan untuk melindungi Kuwait dari gempuran Irak.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)