AS Berhasil Ambil Puing-puing Jet Siluman F-35 dari Dasar Laut China Selatan

Jum'at, 04 Maret 2022 - 15:39 WIB
loading...
AS Berhasil Ambil Puing-puing Jet Siluman F-35 dari Dasar Laut China Selatan
Amerika Serikat berhasil menemukan dan mengambil puing-puing jet tempur siluman F-35 yang jatuh di dasar Laut China Selatan. Foto/US Navy
A A A
TOKYO - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berhasil menemukan dan mengambil puing-puing jet tempur siluman F-35C yang jatuh di dasar Laut China Selatan.

Pada 24 Januari lalu, pesawat canggih tersebut menghantam dek kapal induk USS Carl Vinson AS sebelum akhirnya jatuh ke laut.

Menurut Armada ke-7 Angkatan Laut AS, puing-puing pesawat ditemukan hari Rabu.

Lokasi puing-puing jet tempur itu berada di kedalaman sekitar 12.400 kaki di dasar Laut China Selatan.

"Untuk mengambil puing-puing F-35C dari kedalaman sekitar 12.400 kaki, tim anggota layanan Angkatan Laut AS menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh yang disebut CURV-21 untuk memasang garis tali-temali dan pengangkatan khususuntuk pesawat di dasar laut," bunyi rilis Armada ke-7 Angkatan Laut AS, yang dilansir CNN, Jumat (4/3/2022).



Setelah memasang tali-temali dan tali pengangkat, derek pada kapal konstruksi pendukung selam yang digunakan untuk memulihkan pesawat diturunkan ke dasar laut dan dihubungkan ke tali-temali.

"Setelah terpasang, tim mengangkat [puing-puing] pesawat ke permukaan laut dan meletakkannya di kapal untuk mengangkutnya," lanjut rilis tersebut.

"[Puing-puing] pesawat akan dikirim ke instalasi militer terdekat untuk membantu penyelidikan yang sedang berlangsung dan dievaluasi untuk kemungkinan diangkut ke Amerika Serikat," imbuh Armada ke-7.

Tim membutuhkan waktu 37 hari untuk memulihkan total puing-puing pesawat. Tim itu termasuk anggota Gugus Tugas ke-75 Armada ke-7 AS dan Pengawas Penyelamatan dan Penyelaman Komando Sistem Laut Angkatan Laut.

Mereka menggunakan kapal konstruksi pendukung menyelam Picasso untuk mengambil puing-puing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)