Misteri Hantu Kiev, Pilot Ukraina yang Tembak Jatuh 6 Jet Tempur Rusia

Sabtu, 26 Februari 2022 - 06:17 WIB
loading...
Misteri Hantu Kiev, Pilot Ukraina yang Tembak Jatuh 6 Jet Tempur Rusia
Pilot misterius Ukraina yang dijuluki Hantu Kiev ramai diperbincangkan publik karena diklaim telah menembak jatuh 6 jet tempur Rusia dalam satu hari pertempuran. Foto/AviaticA
A A A
KIEV - Publik Ukraina ramai membicarakan misteri sosok pilot pesawat tempurmereka yang diklaim telah menembak jatuh enam jet tempur Rusia dalam satu hari pertempuran, Kamis lalu. Mereka menjuluki sang pilot sebagai "Ghost of Kiev" atau "Hantu Kiev".

Di masa perang dan suram, kisah keberanian dan kepahlawanan pilot misterius itu bisa menjadi vital untuk membuat orang-orang Ukraina melewati masa-masa sulit dan memberi harapan.

Sosoknya ramai diperbincangkan ketika pasukan Rusia mendekati ibu kota negara—laporan lain menyebut sudah menembus—saat Kiev bersiap untuk mencoba dan menahan serangan Moskow yang akan datang.

Foto-foto pasukan di jalan mulai muncul, sementara pasukan Rusia mengeklaim mereka telah merebut bandara Hostomel yang penting secara strategis.

Apa Itu Hantu Kiev?

Hantu Kiev adalah seorang pilot pesawat tempur yang, menurut laporan yang belum dikonfirmasi, sejauh ini telah menembak jatuh enam jet tempur Rusia pada saat laporan ini diterbitkan.



Di Twitter, orang-orang Ukraina menunjukkan dukungan mereka kepada sang pilot, yang telah membangkitkan semangat dan membuat dunia berbicara.

Cuplikan video yang dimaksudkan untuk menunjukkan pesawat MiG-29 yang dioperasikan sosok Hantu Kiev telah beredar secara online.

Salah satu posting menyatakan bahwa pilot tersebut telah menembak jatuh berbagai pesawat tempur Rusia. Laporan yang belum dikonfirmasi mengeklaim bahwa sang pilot telah menjatuhkan dua Su-35, satu Su-27, satu MiG-29 dan dua Su-25 Moskow.

Pilot yang menembak jatuh lima pesawat cenderung disebut sebagai "ace", jadi jika laporan yang mengeklaim Hantu Kiev telah menembak jatuh enam adalah benar, maka itu dapat dikenali hanya setelah satu hari pertempuran.

Apakah Hantu Kiev Itu Nyata?

Sejauh ini belum ada bukti yang secara resmi mengonfirmasi bahwa Hantu Kiev benar-benar nyata.

Namun pasukan pertahanan Ukraina mengeklaim bahwa tujuh jet tempur Rusia jatuh pada hari Kamis, 25 Februari 2022.

Sulit dipercaya enam dari tujuh tempur Rusia dihancurkan oleh hanya satu pilot Ukraina mengingat ukuran negara itu dan skala konflik. Namun, juga tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa rumor itu salah.

Twitter telah menyala dengan dukungan untuk pilot misterius terlepas nyata atau tidak, merayakan kemenangan sebagai secercah harapan di waktu yang gelap.

Duta Besar Ukraina untuk Uni Eropa, Mykola Tochytskyi, menulis dalam sebuah tweet yang dikutip The Mirror, Sabtu (26/2/2022): “Satu pilot jet tempur MiG-29 Ukraina mencetak enam kemenangan dalam satu hari pada pertempuran udara dengan Rusia. Dia telah dijuluki 'Hantu Kiev'. Contoh lain dari kemauan rakyat Ukraina untuk melawan. Dunia beradab harus membantu melindungi kebebasan kita!”

Apakah Hantu Kiev, yang dilaporkan menerbangkan jet tempur MiG-29, ternyata nyata atau tidak, cerita tersebut tidak diragukan lagi telah mengingatkan dunia akan keberanian perlawanan Ukraina.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)