Spesifikasi Tank MBT Altay Buatan Turki, Usung Teknologi Canggih untuk Perang

Sabtu, 26 Februari 2022 - 06:30 WIB
loading...
Spesifikasi Tank MBT Altay Buatan Turki, Usung Teknologi Canggih untuk Perang
Tank MBT Altay. Foto/army technology
A A A
ANKARA - Altay adalah generasi ketiga dari Main Battle Tank (MBT) yang dikembangkan untuk tentara Turki. Tank ini merupakan program pengembangan pada prototipe pertama tank tempur utama Turki Altay pada 1943.

Prototipe pertama itu dijelaskan kepada publik sekaligus dilakukan pengujian pada 2011. Di tahun 2016, Turki secara resmi melaporkan akan memproduksi tank ini.

Pada November 2018, perusahaan Turki BMC resmi menerima kontrak untuk memproduksi Altay Main Battle Tank (MBT) buatan lokal untuk tentara Turki.

Baca juga: Presiden Ukraina Zelensky Pimpin Perang dari Persembunyian di Kiev

Perusahaan tersebut akan memproduksi massal MBT Altay dengan total 250 tank. Beberapa perusahaan Turki pun terlibat dalam pembuatan MBT Altay ini, di antaranya Roketsan, Alselsan, Havelsan dan Institut Industri Mesin dan Kimia (MKEK).

Baca juga: Kerahkan 200 Helikopter Tempur, Rusia Rebut Lapangan Terbang Dekat Kiev

Pada Januari 2021 lalu, perusahaan BMC meluncurkan desain baru tank Altay dan memamerkan kehebatannya secara langsung di BMC.

Baca juga: Pasang Sistem Rudal di Kiev, Putin: Nazi di Ukraina Beraksi seperti Teroris

Tank tempur ini berdesain konvensional dangan panjang 7,3 meter, lebar 3,9 meter, dan tinggi 2,6 meter. Altay menggunakan beberapa teknologi yang mirip K2 Black Panther Korea Selatan, namun tentu dengan desain yang berbeda.

Persenjataan utama Altay adalah meriam smoothbore kaliber 120 mm 55 yang bisa dipakai berbagai peluru. Ini adalah versi senapan Rheinmettal.

Beberapa senjata serupa juga digunakan pada tank Leopard 2A6 dan 2A7 Jerman dan tank Black Panther Korea Selatan.

Altay mampu menembak target bergerak dengan probabilitas hit ronde pertama yang sangat tinggi. Senapan mesin kaliber 7,62 mm dipasang secara koaksial di sebelah kiri persenjataan utama.

Stasiun senjata dikendalikan dari jarak jauh dan dipasang di atas menara yang dapat dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm. Sejumlah delapan pelontar granat asap dipasang ke setiap belakang turret.

MBT Altay dilengkapi sistem pengendalian tembakan Volkan yang canggih dengan sistem manajemen medan perang yang dikembangkan oleh ASELSAN.

Perusahaan ini merupakan pemasok sistem pengendalian tembakan ke MBT Leopard 1 untuk Angkatan Darat Turki.

Altay merupakan tank modern dengan menggunakan teknologi terbaru. Dengan kekuatan tembakan dan kecepatan serangan yang unggul, mobilitas tinggi dan fitur kemampuan bertahan.

Awak Altay terdiri dari empat personal yaitu komandan tank, penembak, pengemudi dan pemuat.

Dalam tank tersebut, pengemudi duduk di bagian depan tengah lambung dan dilengkapi penutup palka satu bagian yang terbuka ke kanan.

Menara berada di tengah kendaraan dengan komandan dan penembak di sebelah kanan dan pemuat di kiri. Powerpack dipasang di bagian belakang lambung.

Tank Altay dilengkapi dengan armor komposit modular untuk melindungi tank dari segala jenis ancaman.

Tenaga penggerak pada MBT Altay ini dilengkapi dengan mesin berteknologi tinggi 1.500 tenaga kuda dari transmisi MTU Friedrichshafen GmbH dan Renk Jerman.

Suspensi terdiri dengan tujuh roda ban karet ganda dengan terdapat di setiap sisinya dan sproket sebagai penggerak di belakang.

Altay dapat berjalan pada kecepatan jalan maksimum 70 km dan melintasi kedalaman 4,1 m di dalam air.

Tank Altay dilengkapi sistem proteksi Chemical, Biological, Radioactive and Nuclear (CBRN). Ada pula perlengkapan sistem C3I (Comand, Control, Communications and Intelligence).

Juga terdapat sistem identifikasi target medan perang, sistem pemadam kebakaran, dan pencegah ledakan dan sistem kesadaran situasional 360 derajat di bagian belakang.

(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2362 seconds (10.101#12.26)