Topan Bopha berpotensi kembali hantam Filipina

Minggu, 09 Desember 2012 - 07:00 WIB
Topan Bopha berpotensi kembali hantam Filipina
Topan Bopha berpotensi kembali hantam Filipina
A A A
Sindonews.com – Topan Bopha yang baru saja menghancurkan wilayah Selatan Filipina dan menewaskan ratusan orang, dilaporkan akan kembali menghantam negara itu pada Minggu (9/12/2012). Prediksi ini disampaikan oleh Badan Cuaca Filipina, Sabtu (8/12/2012), seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, pada Selasa 4 Desember, topan Bopha menerjang wilayah Selatan Filipina dengan kekuatan angina mencapai 120 km per jam dan menyebabkan banjir di sejumlah wilayah. Kini, Badan Cuaca Filipina meramalkan topan Bopha bisa saja menerjang wilayah Utara negara itu.

“Badai itu telah berbalik arah dan bisa saja menerjang wilayah Utara. Penduduk diminta untuk beriap menghadapi angin dengan kecepatan 160 km per jam dan hujan lebat. Pada Minggu dini hari, badai ini mengarah ke ujung utara pulau Luzon,” sebut pernyataan Badan Cuaca Filipina.

Ini jelas sebuah kabar yang mengejutkan. Sebab, ancaman kembali datang di saat Pemerintah Filipina masih disibukan dengan proses pencarian korban badai Bopha di wilayah Selatan. Hingga kini, masih ratusan warga yang belum ditemukan.

Puluhan ribu orang juga terpaksa kehilangan tempat tinggal akibat terjangan badai di wilayah Selatan. Masyarakat internasional diminta ikut membantu meringankan beban korban badai Bopha di Filipina.

"Ini adalah daerah yang sangat miskin, di mana setiap orang bergantung pada pertanian. Jika orang tidak bisa mendapatkan uang dari tanaman mereka, tentu mereka tak bisa memberi makan keluarganya. Mereka membutuhkan banyak bantuan dalam beberapa bulan ke depan,” kata Imogen Wall, Juru Bicara PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5781 seconds (0.1#10.140)