Putin Akui Ukraina Timur Merdeka, Sikap Timur Tengah Terpecah

Rabu, 23 Februari 2022 - 02:16 WIB
loading...
A A A
Rezim Suriah, yang didukung oleh Rusia dalam perangnya melawan kelompok-kelompok oposisi, dengan cepat menyambut langkah Putin, yang telah menyebabkan peningkatan tajam dalam ketegangan antara Barat dan Rusia.

"Suriah mendukung keputusan Presiden Vladimir Putin untuk mengakui republik Luhansk dan Donetsk," kata Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad seperti dikutip dari stasiun televisi milik pemerintah Suriah.



Rusia dan rezim Suriah sebelumnya telah menyuarakan penentangan terhadap setiap perpecahan yang dirasakan di Suriah, mengenai wilayah oposisi dan pemberontak yang didukung Turki di utara dan kontrol suku Kurdi dan Arab yang didukung Amerika Serikat (AS) di Suriah timur.

Kedua belah pihak telah mengatakan bahwa rezim Suriah berhak untuk merebut kembali wilayah-wilayah ini dengan paksa.

Pemberontak Houthi Yaman juga telah menunjukkan dukungan untuk keputusan Kremlin, menyerukan "menahan diri dan tidak tergelincir ke dalam perang yang dimaksudkan untuk menguras kemampuan Rusia".

Houthi yang didukung Iran telah menguasai Ibu Kota Sanaa dan Yaman utara sejak 2014 dan 2015, terlibat peperangan berdarah dengan pemerintah yang didukung Arab Saudi.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)