Putin Bantah Berniat Bangkitkan Kembali Kekaisaran Rusia

Selasa, 22 Februari 2022 - 23:34 WIB
loading...
Putin Bantah Berniat Bangkitkan Kembali Kekaisaran Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin membantah berniat membangkitkan kembali Kekaisaran Rusia. Foto/The Moscow Times
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin membantah spekulasi bahwa Moskow diduga berniat untuk membangkitkan kembali wilayah perbatasan Kekaisaran Rusia. Hal itu diungkapkan Putin selama pembicaraan dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

"Tentu saja, saya akan menggunakan kesempatan kunjungan Anda untuk memberi tahu Anda tentang apa yang sedang terjadi di arah Ukraina ," katanya.

“Anda tahu bahwa Rusia membuat keputusan kemarin untuk mengakui kedaulatan dua Republik Rakyat Donbass . Saya ingin mengatakannya di sini: kami melihat dan kami mengantisipasi spekulasi tentang masalah ini bahwa Rusia ingin mengembalikan Kekaisaran di dalam perbatasan Kekaisaran. Ini benar-benar palsu," tuturnya seperti dikutip dari TASS, Selasa (22/2/2022).



Putin menggarisbawahi bahwa, setelah pembubaran Uni Soviet, Rusia mengakui semua realitas geopolitik baru, dan berupaya memperkuat kerja samanya dengan semua negara, negara-negara merdeka yang muncul di wilayah pasca-Soviet.

"Bahkan dalam situasi yang sangat tegang, seperti penyelesaian Nagorno-Karabakh, misalnya, kami selalu bertindak sangat hati-hati, mempertimbangkan kepentingan semua negara yang terlibat dalam proses ini, dan kami selalu berusaha untuk mencapai solusi yang dapat diterima bersama," ujarnya.

Tudingan ini muncul setelah Putin mengakui kemerdekaan Donetsk dan Luhansk di Ukraina timur.



Rusia menjadi pusat kerajaan besar sejak tahun 1700-an, mencakup wilayah yang jauh melampaui perbatasannya saat ini, termasuk Ukraina seperti dikutip dari Insider.

Daerah-daerah itu sebagian besar tetap di bawah kendali Moskow setelah pembentukan Uni Soviet, tetapi banyak, termasuk Ukraina, menjadi negara merdeka pada 1990-an ketika Uni Soviet runtuh.

Putin mengumumkan pada hari Senin bahwa Rusia mengakui dua wilayah separatis di Ukraina sebagai negara merdeka. Dalam pidatonya ia berpendapat bahwa wilayah Donbass, yang berisi dua wilayah separatis, seharusnya tidak pernah menjadi bagian dari Ukraina sejak awal.



Petro Poroshenko, mantan presiden Ukraina, mengatakan kepada Sky News bahwa negara-negara Eropa lainnya, seperti Polandia, Republik Ceko, Estonia, Latvia, Lithuania, Rumania, dan Bulgaria juga dapat terancam oleh Rusia.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)