Dalih Kapal China Bidikkan Laser: Pesawat Militer Australia Bertindak Berbahaya

Senin, 21 Februari 2022 - 08:31 WIB
loading...
Dalih Kapal China Bidikkan Laser: Pesawat Militer Australia Bertindak Berbahaya
Pihak China berdalih kapal perang Beijing bidikkan laser karena pesawat militer Australia bertindak berbahaya. Foto/Departemen Pertahanan Australia
A A A
BEIJING - China membalas kecaman pemerintah Australia soal insiden kapal perang Beijing membidikkan laser ke pesawat militer Australia. Menurut Beijing, pesawat militer tersebut yang bertindak berbahaya.

Departemen Pertahanan Australia melaporkan laser dibidikkan dari kapal perang Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China menyinari pesawat pengintai P-8A Poseidon pada Kamis pekan lalu.

Pesawat itu berada di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Australia di ujung Top End negara itu.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada hari Senin mengatakan tindakan itu sembrono untuk apa yang seharusnya menjadi kekuatan pertahanan profesional.



Tapi Beijing sekarang mengeklaim kapal perangnya berada di perairan internasional dan sebenarnya pesawat Australia yang bertindak berbahaya.

“Hampir dapat dipastikan bahwa pesawat patroli Australia yang melakukan pengintaian jarak dekat terlebih dahulu terhadap kapal perang China,” tulis Global Times, media pemerintah China, mengutip pakar militer Song Zhongping, Senin (21/2/2022).

“Australia gagal memberi tahu publik seberapa dekat pesawatnya terbang di dekat kapal China, sehingga orang tidak tahu apakah kapal China terpaksa mengambil tindakan pencegahan defensif.”

Sebelumnya, Morrison menegaskan tuntutan Beijing untuk menjelaskan sendiri atas insiden itu tidak terjawab.

“Kami belum mendapat penjelasan. Apa yang kami minta, bekerja melalui saluran diplomatik dan pertahanan, adalah penyelidikan penuh atas peristiwa ini dan bagi mereka untuk memberikan jawaban tentang bagaimana tindakan berbahaya ini dapat dilakukan," kata Morrison kepada 2GB.

“Bisakah Anda bayangkan jika itu adalah fregat Australia di Selat Taiwan dan mereka mengarahkan laser ke pesawat pengintai China?” kata Morrison.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)