7 Jet Tempur Terkuat yang Bakal dan Sudah Ramaikan Langit Asia Tenggara

Sabtu, 12 Februari 2022 - 02:22 WIB
loading...
A A A
Angkatan Udara Indonesia pada pertengahan 1990-an ditetapkan untuk menjadi salah satu klien terbesar di dunia untuk pesawat Su-27 Flanker, dengan rencana diumumkan untuk armada lebih dari 100 unit jet ini untuk membentuk dasar armada modern di tengah ketegangan tinggi dengan Kekuatan Barat atas konflik di Timor Timur atau Timor Leste.

Anggaran pertahanan negara yang terbatas, tekanan Barat, dan kurangnya perencanaan akuisisi jangka panjang mengakhiri prospek kesepakatan semacam itu. Meskipun tangguh untuk masanya, Su-27 semakin dianggap ketinggalan zaman terutama varian tahun 1990-an yang menua di Asia Tenggara, dengan persenjataan, avionik dan sensor.

Pesawat tempur ini tetap mampu dengan usia radarnya yang diimbangi dengan ukurannya yang tipis, dan rudal R-27-nya masih mempertahankan jangkauan serangan di atas rata-rata 130 km meskipun penanggulangan peperangan elektronik mereka sudah ketinggalan zaman.

7. Jet Tempur MiG-29SE/SM (Myanmar)

Pesawat tempur kelas menengah MiG-29 telah menjadi salah satu ekspor paling populer Rusia di bidang penerbangan tempur. Meskipun dihargai karena biaya operasionalnya yang rendah dan kinerja penerbangan yang mengesankan, pesawat ini kurang populer di Asia Tenggara sebagian besar karena daya tahannya yang rendah dan jarak tempuh yang luas yang biasanya harus dilalui oleh pesawat tempur di wilayah tersebut.

Pesawat tempur ini dirancang untuk dapat mengungguli pesawat tempur F-16 dan F-18 Amerika selama Perang Dingin, dan bahkan varian yang paling tua pun telah terbukti mampu menantang F-15 yang jauh lebih berat dalam pertempuran udara ke udara.

MiG-29 saat ini menjadi tulang punggung Angkatan Udara Myanmar dengan perkiraan 27 unit dalam pelayanan, 16 unit di antaranya adalah varian MiG-29SE dan SM yang dimodernisasi.

Ini jauh lebih mampu daripada MiG-29N yang diterjunkan oleh Angkatan Udara Malaysia, dan mendapat manfaat dari komputer baru dan kontrol penerbangan, sistem peperangan elektronik L-203BE Gardeniya-1 dan muatan senjata yang lebih besar dibandingkan varian yang lebih lama.

Pesawat tempur ini juga membanggakan radar Phazotron N019M yang menyediakan kemampuan multiperan yang tidak dimiliki MiG-29 yang lebih tua.

Meskipun masih tangguh menurut standar regional, kinerja MiG-29 Myanmar tetap rendah dibandingkan dengan varian modern seperti MiG-29M atau MiG-29K Angkatan Laut India yang menggunakan desain badan pesawat pasca-Perang Dingin yang sangat berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)