Apa yang Terjadi Ketika Jet Siluman F-35 AS Rp1,3 Triliun Terdampar di Dasar Laut?

Kamis, 10 Februari 2022 - 18:23 WIB
loading...
A A A
Kapal juga perlu memiliki derek yang cukup kuat untuk mengangkat bangkai pesawat dari dasar laut, mungkin yang mampu mengangkat setidaknya 100 ton.

Selain itu, kapal kemungkinan besar akan membutuhkan dek terbuka yang besar sehingga puing-puing dapat ditempatkan di sana.

Selama penyelamatan helikopter dari kedalaman laut tahun lalu, sebuah perusahaan yang berbasis di Maryland bernama Phoenix International memberikan dukungan di Grand Canyon II. Seorang eksekutif Phoenix yang dihubungi melalui telepon menolak berkomentar apakah perusahaan itu terlibat dalam upaya penyelamatan F-35 saat ini.

Bisakah China Pulihkan F-35 AS?

Tak ada yang tahu, tetapi itu tidak di luar kemungkinan, mengingat China telah menampilkan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh di bawah airnya sendiri. Pertanyaan sebenarnya adalah: Dapatkah kendaraan China berfungsi pada kedalaman yang sama dengan kendaraan Amerika?

Mengingat bahwa F-35 jatuh dengan kelompok tempur kapal induk penuh di sekitarnya, ada kemungkinan Angkatan Laut telah meninggalkan kapal perang pengawal yang lebih kecil, seperti kapal perusak, untuk mengawasi lokasi kecelakaan.

Namun, Pentagon menepis gagasan bahwa Angkatan Laut sedang berlomba dengan mitranya dari China untuk mengambil F-35 dari dasar laut.

“Saya pikir Anda dapat memahami bahwa kami mengambil semua perencanaan yang tepat yang kami perlukan untuk menyelamatkan pesawat kami dan kami akan memulihkannya pada waktu yang tepat, seperti yang telah kami lakukan di masa lalu,” kata John F. Kirby, kepala juru bicara Pentagon, pada konferensi pers pada hari Senin.

“Jadi saya pikir pertanyaan apa pun tentang berada dalam semacam kompetisi untuk memulihkan apa yang sebenarnya merupakan properti kami adalah spekulatif terbaik.”
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)