Trump Mengambil Surat Cinta Kim Jong-un dari Gedung Putih

Selasa, 08 Februari 2022 - 13:07 WIB
loading...
Trump Mengambil Surat Cinta Kim Jong-un dari Gedung Putih
Donald Trump, menjelang lengser sebagai presiden AS, mengambil dokumen dari Gedung Putih termasuk di dalamnya surat cinta dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Donald Trump , menjelang lengser sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), mengambil 15 kotak catatan dari Gedung Putih. Itu termasuk "surat cinta" dari pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un .

Menurut Administrasi Arsip dan Catatan Nasional (NARA) AS, dokumen-dokumen itu dibawa ke rumah Trump di Florida selatan.

Dokumen dan kenang-kenangan—yang juga termasuk korespondensi dari mantan presiden AS Barack Obama—seharusnya secara hukum telah diserahkan pada akhir masa kepresidenan Trump tetapi malah berakhir di resor Mar-a-Lago di Palm Beach.

"NARA mengejar setiap catatan yang diketahuinya telah dihapus secara tidak benar atau belum ditransfer dengan benar ke akun resmi," kata Pengarsip Amerika Serikat David S. Ferriero kepada AFP, Selasa (8/2/2022).

“Baik melalui pembuatan dokumentasi yang memadai dan tepat, praktik pengelolaan arsip yang baik, pelestarian arsip, atau transfer tepat waktu ke Arsip Nasional pada akhir masa administrasi, tidak perlu diragukan lagi perlunya ketekunan dan kehati-hatian. Catatan itu penting,” ujarnya.



Badan tersebut mengatakan kepada AFP bahwa mereka tidak mendapatkan catatan tersebut sampai pertengahan Januari.

Mantan presiden Trump, yang berbicara rhapsodic tentang hubungannya dengan Kim, mengatakan pada pertemuan umum West Virginia pada tahun 2018: “Kami jatuh cinta. Tidak...sungguh. Dia menulis surat yang indah untuk saya.”

Komentar itu mendorong media, serta pendukung dan penentang Trump, untuk menjuluki korespondensi yang tidak biasa sebagai "surat cinta" Trump-Kim.

Penemuan kotak-kotak tersebut telah menimbulkan pertanyaan tentang kepatuhan Trump terhadap undang-undang catatan kepresidenan yang diberlakukan setelah skandal Watergate tahun 1970-an yang mengharuskan penghuni Oval Office untuk menyimpan catatan yang berkaitan dengan aktivitas administrasi.

Trump kehilangan tawarannya bulan lalu untuk menghentikan arsip merilis buku harian, log pengunjung, draf pidato, dan dokumen Gedung Putih lainnya kepada komite Parlemen yang menyelidiki kerusuhan Capitol AS 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)