Kasus Covid-19 di Korea Selatan Lewati Angka 1 Juta

Minggu, 06 Februari 2022 - 18:38 WIB
loading...
Kasus Covid-19 di Korea Selatan Lewati Angka 1 Juta
Kasus Covid-19 di Korea Selatan lewati angka 1 juta. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Kasus Covid-19 di Korea Selatan (Korsel) pada Minggu (6/2/2022) melampaui 1 juta kasus sejak pandemi dimulai. Pejabat kesehatan juga melaporkan rekor harian 38.691 infeksi baru, yang didorong oleh wabah varian Omicron .

Seperti dilaporkan Reuters, Korsel melihat kasus COVID-19 pertama yang dikonfirmasi pada 20 Januari 2020, dan segera menjadi negara pertama di luar China yang memerangi wabah besar ini.



Strategi agresif pelacakan, penelusuran, isolasi, dan karantina membantu Korsel mengatasi gelombang awal pandemi dan menjaga keseluruhan kasus dan kematian tetap rendah, tanpa harus menerapkan penguncian yang meluas.

Meski demikian, penyebaran varian Omicron mendorong jumlah kasus ke level tertinggi baru. Angka kematian akibat corona masih tetap rendak di Korsel, dengan 15 kematian baru dilaporkan pada Sabtu tengah malam, menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea.

Kasus harian hampir lima kali lebih tinggi dari dua minggu lalu, ketika varian Omicron mulai mendominasi, tetapi infeksi serius tetap pada tingkat yang dapat dikelola sejauh ini, kata pihak berwenang.



Pejabat pada hari Jumat mengumumkan mereka akan memperpanjang langkah-langkah jarak sosial setidaknya selama dua minggu, termasuk jam malam 9 malam untuk bisnis dan batas enam orang untuk pertemuan pribadi.



Perdana Menteri Kim Boo-kyum mengatakan, perpanjangan pembatasan, yang akan berakhir pada hari Minggu, diperlukan untuk memperlambat penyebaran Omicron di tengah kekhawatiran liburan Tahun Baru Imlek, yang berakhir pada hari Rabu, mungkin telah memicu infeksi.

"Memperlambat laju penyebaran Omicron, yang menuju puncaknya hari demi hari, adalah prioritas dalam keadaan sulit ini," katanya dalam pertemuan tanggapan pemerintah yang disiarkan televisi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)