Terungkap, AS Beri Tahu Israel Jelang Serangan terhadap Bos ISIS al-Qurayshi

Sabtu, 05 Februari 2022 - 07:48 WIB
loading...
Terungkap, AS Beri Tahu Israel Jelang Serangan terhadap Bos ISIS al-Qurayshi
Pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi dan rumah persembunyiannya di Suriah yang hancur setelah dia meledakkan diri ketika dikepung pasukan khusus AS. Foto/Israel Hayom
A A A
TEL AVIV - Amerika Serikat (AS) diketahui telah memberi tahu Israel menjelang serangan pasukan khususnya terhadap rumah persembunyian pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi. Bos kelompok teroris penerus Abu Bakr al-Baghdadi itu memilih meledakkan diri ketimbang menyerah pada Amerika.

Al-Qurayshi, yang memimpin ISIS sejak 2019, meledakkan dirinya ketika pasukan operasi khusus AS mengepung rumahnya di Atmeh, provinsi Idlib, barat laut Suriah, pada Rabu malam atau Kamis dini hari.

Lembaga penyiaran publik Israel, Kan, melaporkan bahwa Amerika memberi tahu Israel tentang operasi itu sebelumnya, kemungkinan karena al-Qurayshi memegang "file Israel" sebelum mengambil alih kepemimpinan kelompok teroris itu pada Oktober 2019, ketika pendahulunya; al-Baghdadi, tewas dalam serbuan serupa oleh AS.



AS mengatakan pihaknya meluncurkan serangan dari pangkalan tak dikenal di wilayah tersebut setelah "mendekonflikasikan" misi dengan "berbagai entitas".

Itu adalah jargon untuk memberi tahu kekuatan atau kepentingan militer tertentu lainnya di kawasan itu—mungkin juga Rusia—tentang operasi AS yang sedang berlangsung.

Israel mengeklaim tidak hanya menjadi penonton dalam perang global melawan ISIS. Mantan kepala staf IDF Gadi Eisenkot mengatakan kepada harian Maariv awal bulan ini bahwa pasukan Israel berpartisipasi dalam aksi yang menewaskan ratusan operator kelompok teroris di seluruh Timur Tengah.

Presiden AS Joe Biden mengatakan al-Qurayshi tewas, seperti yang dilakukan al-Baghdadi, dengan meledakkan bom yang membunuh dirinya sendiri dan anggota keluarganya, termasuk wanita dan anak-anak, saat pasukan khusus AS mendekat.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett dan Menteri Pertahanan Benny Gantz sama-sama memuji operasi AS yang berakhir dengan kematian al-Qurayshi.

“Dunia adalah tempat yang lebih aman sekarang karena pemimpin ISIS telah disingkirkan,” tulis Bennett di Twitter, seperti dikutip dari Times of Israel, Sabtu (5/2/2022).

“Saya memuji sekutu besar kita; Amerika Serikat, dan tentara Amerika pemberani untuk melaksanakan operasi berani ini. Kita harus melanjutkan perang global melawan teror–dengan kekuatan dan tekad,” imbuh dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)