China Dukung Rusia Menentang Ekspansi NATO

Jum'at, 04 Februari 2022 - 19:52 WIB
loading...
A A A
Minggu ini, sebuah dokumen yang bocor ke surat kabar Spanyol El Pais menunjukkan bahwa Washington telah secara resmi menolak perjanjian semacam itu, tetapi telah mengusulkan langkah-langkah lain yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi militer antara kedua belah pihak.

Putin dan yang pejabat Rusia lainnya sebelumnya mengatakan mereka dapat mengambil langkah-langkah teknis-militer yang tidak ditentukan jika dianggap perlu untuk memastikan keamanan Rusia.

Menjelang pembicaraan Putin dan Xi, penasihat kebijakan luar negeri Kremlin Yury Ushakov menekankan bahwa Rusia dan China memiliki posisi yang serupa dan bertepatan pada sebagian besar masalah internasional.

Kedua negara telah menekankan pentingnya hubungan mereka dalam beberapa bulan terakhir, dan pada bulan Desember, Ushakov mengatakan bahwa China mendukung upaya Rusia untuk menandatangani kesepakatan dengan NATO. Beijing sebelumnya telah berkomitmen untuk bekerja sama dengan Moskow untuk mengembangkan sistem keuangan yang tahan terhadap sanksi dan meminimalkan ketergantungan pada dolar AS.



Terlepas dari tanda-tanda peningkatan kerja sama antara Rusia dan China, beberapa analis telah memberikan kesan bahwa kemitraan tersebut kurang terintegrasi daripada blok-blok seperti NATO, di mana para anggota telah mengejar integrasi dalam hal-hal militer dan berbagi intelijen.

Sebelumnya, AS juga telah memperingatkan China akan menjatuhkan sanksi ekonomi jika Beijing memberikan bantuan kepada Moskow terkait krisis di Ukraina.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)