Putin Sulit Ditebak, AS Berhenti Sebut Invasi Ukraina Segera

Kamis, 03 Februari 2022 - 15:20 WIB
loading...
Putin Sulit Ditebak, AS Berhenti Sebut Invasi Ukraina Segera
Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki. Pemerintah AS berhenti menyebut invasi Ukraina segera oleh Rusia karena tak yakin dengan keputusan Presiden Vladimir Putin. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) berhenti menggunakan kata "segera" untuk menggambarkan kemungkinan invasi Rusia terhadap Ukraina . Alasannya, mereka tidak yakin apakah Presiden Rusia Vladimir Putin telah memutuskan untuk menyerang.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan selama briefing hari Rabu bahwa penggunaan "segera" mengirimkan pesan yang tidak ingin dikirim oleh pemerintahan Joe Biden.

"Saya menggunakan [kata] itu sekali, saya pikir orang lain telah menggunakannya sekali, dan kemudian kami berhenti menggunakannya karena saya pikir itu mengirimkan pesan yang tidak ingin kami kirim, yaitu bahwa kami tahu bahwa Presiden Putin telah membuat keputusan," kata Psaki kepada wartawan.

"Saya akan mengatakan sebagian besar kali saya membicarakannya, kami mengatakan dia bisa menyerang kapan saja. Itu benar. Kami masih tidak tahu bahwa dia membuat keputusan," ujarnya.



"Saya pikir saya menggunakannya sekali minggu lalu. Saya belum menggunakannya selama lebih dari seminggu," katanya tentang penggunaan istilah tersebut.

Ned Price, yang menjabat sebagai juru bicara Departemen Luar Negeri AS, juga mempertimbangkan perubahan mendadak dalam terminologi pemerintahan Biden selama briefing hari Rabu.

Ditanya tentang apakah ada kekhawatiran mengenai penggunaan kata "segera", Price mengelak dari pertanyaan itu dan sebaliknya menyampaikan bahwa para pejabat telah bekerja untuk menjelaskan kekhawatiran AS.

Briefing itu juga melihat Price mencatat bahwa para kriminolog akan menyaring "setiap kata, setiap ucapan, setiap kalimat yang keluar dari mulut Putin" selama pidatonya hari Selasa di perbatasan.

Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada CNN pada hari Rabu bahwa keputusannya untuk mengerahkan beberapa ribu tentara lagi ke Eropa Timur selama krisis Ukraina benar-benar konsisten dengan apa yang dia katakan kepada mitranya dari Rusia, Presiden Vladimir Putin.

Menurut koresponden CNN, Kaitlan Collins, Biden mengatakan kepadanya bahwa perintahnya benar-benar konsisten dengan yang dia katakan kepada Putin sejak awal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)