Citra Satelit Tunjukkan Pasukan Rusia Kepung Ukraina dari 3 Wilayah

Kamis, 03 Februari 2022 - 11:38 WIB
loading...
Citra Satelit Tunjukkan Pasukan Rusia Kepung Ukraina dari 3 Wilayah
Citra satelit menunjukkan pengerahan pasukan Rusia di Novoozerne, Crimea di dekat Ukraina. Foto/Maxar Technologies via Sky News
A A A
KIEV - Citra satelit terbaru menunjukkan pasukan Rusia mengepung Ukraina dari tiga wilayah, yakni Belarusia, Crimea dan Rusia barat.

Foto satelit tersebut juga menunjukkan Moskow telah meningkatkan kesiapan keseluruhan penempatan pasukannya di tiga titik tersebut.

Foto itu diambil oleh perusahaan citra satelit swasta Amerika Serikat (AS), Maxar Technologies, dari 19 Januari hingga 1 Februari 2022.

Meski demikian, menurut laporan Reuters pada Kamis (3/2/2022), gambar satelit itu tidak dapat diverifikasi secara independen.



Penumpukan militer Rusia di dekat Ukraina telah memicu kekhawatiran bahwa Moskow mungkin berencana untuk menyerang tetangganya, sesuatu yang disangkal oleh Rusia.

Dilaporkan bahwa pasukan dan perangkat keras Rusia yang tiba di Belarusia, utara Ukraina, adalah untuk manuver bersama.

Maxar mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sementara Rusia telah mengerahkan peralatan dan unit militer di dekat Ukraina selama beberapa bulan terakhir, dalam banyak kasus beberapa pasukan atau unit akomodasi baru untuk personel tambahan telah diamati.

Citra satelit sebelumnya menunjukkan beberapa unit telah ditempatkan atau dikerahkan ke garis depan, tetapi gambar-gambar satelit baru menunjukkan penempatan baru dan signifikan di Belarusia dan lebih banyak personel di berbagai situs militer.

“Tenda pasukan/tempat perlindungan untuk personel telah terlihat di hampir setiap lokasi penempatan di Belarusia, Crimea dan Rusia barat yang menunjukkan bahwa unit tersebut sekarang disertai dengan pasukan dan telah meningkatkan tingkat kesiapan mereka secara keseluruhan,” kata Maxar.

“Selain itu, kegiatan pelatihan militer lokal (termasuk artileri tembakan langsung dan pelatihan manuver) telah diamati sedang berlangsung di berbagai area pelatihan.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)