AS Pimpin Latihan AL Skala Besar, Israel dan Arab Saudi Ikut Serta

Kamis, 03 Februari 2022 - 05:00 WIB
loading...
AS Pimpin Latihan AL Skala Besar, Israel dan Arab Saudi Ikut Serta
Amerika Serikat pimpin latihan AL skala besar, Israel dan Arab Saudi ikut serta. FOTO/Getty Images
A A A
TEL AVIV - Angkatan Laut Israel untuk pertama kalinya mengambil bagian dalam salah satu latihan angkatan laut terbesar yang dipimpin Amerika Serikat (AS) di Laut Merah bersama puluhan negara lain, termasuk Arab Saudi.

“Angkatan Laut Israel akan bergabung dengan 60 armada Angkatan Laut untuk Latihan Angkatan Laut Internasional ‘IMX’ yang dipimpin Angkatan Laut AS,” kata Israel Defense Force, seperti dikutip dari J Post, Selasa (1/2/2022).



“Untuk pertama kalinya, Unit Flotilla 3 & Underwater Warfare kami akan berlatih dengan Armada Kelima AS di Laut Merah. Kami berharap dapat memperkuat keamanan dan kerja sama global,” lanjut pernyataan tersebut.

Dikenal sebagai Latihan Maritim Internasional (IMX), lebih dari 9.000 personel dan hingga 50 kapal dari lebih dari 60 militer dan organisasi internasional akan ambil bagian. Latihan ini akan fokus pada sistem angkatan laut tak berawak dan penggunaan kecerdasan buatan.

“Tingkat keterwakilan ini menunjukkan tekad bersama dalam menjaga tatanan internasional berbasis aturan,” kata Admiral Brad Cooper, komandan Komando Pusat Angkatan Laut AS, Armada Kelima AS dan Pasukan Maritim Gabungan.

“Ini adalah kesempatan unik untuk meningkatkan kemampuan dan interoperabilitas kami sambil memperkuat hubungan maritim,” lanjutnya.



Latihan tersebut akan dipimpin oleh Komando Pusat Angkatan Laut AS (NAVCENT) bersama dengan Pasukan Angkatan Laut AS Eropa-Afrika di wilayah pesisir Afrika Timur dan Samudra Hindia Barat. IMX akan berlangsung selama 18 hari dan digambarkan oleh NAVCENT sebagai "latihan tak berawak terbesar di dunia" dengan lebih dari 80 sistem tak berawak dari 10 negara berpartisipasi.

“Latihan ini akan memungkinkan pasukan yang berpartisipasi untuk menguji sistem tak berawak dan kecerdasan buatan dalam skenario pelatihan yang berbeda dan pada akhirnya menerapkan pelajaran yang dipetik untuk operasi dunia nyata di masa depan,” kata pernyataan Angkatan Laut AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)