Redam Ketegangan, AS dan NATO Tawarkan Langkah-langkah Perlucutan Senjata ke Rusia

Rabu, 02 Februari 2022 - 20:43 WIB
loading...
Redam Ketegangan, AS dan NATO Tawarkan Langkah-langkah Perlucutan Senjata ke Rusia
Sebuah bocoran dokumen menyebut AS dan NATO menawarkan langkah-langkah perlucutan senjata ke Rusia untuk meredam ketegangan di Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MADRID - Amerika Serikat (AS) dan NATO menawarkan kepada Rusia untuk membahas perlucutan senjata sebagai langkah deeskalasi di Ukraina . Itu juga sebagai langkah untuk membangun kepercayaan di berbagai forum.

Hal itu terungkap dari bocoran sebuah dokumen yang diungkap oleh media Spanyol , El Pais.

El Pais melaporkan bahwa mereka mengakses dua dokumen rahasia yang dikirim Rabu lalu oleh pemerintah AS dan NATO ke Moskow, yang merinci negosiasi yang sedang berlangsung seputar krisis Ukraina.

Sebagai tanggapan, AS dan NATO sama-sama menutup dua permintaan utama Moskow. Salah satunya adalah melarang Ukraina bergabung dengan NATO, dan yang lainnya menandatangani perjanjian keamanan di Eropa yang telah dirancang Rusia.



Namun, AS dan NATO menawarkan untuk merundingkan perlucutan senjata dan proposal keamanan lainnya dengan imbalan Rusia menarik kembali sekitar 100 ribu tentaranya dari sekitar perbatasan Ukraina.

“Ini adalah posisi pemerintah Amerika Serikat bahwa kemajuan hanya dapat dicapai dalam masalah ini di lingkungan de-eskalasi sehubungan dengan tindakan mengancam Rusia terhadap Ukraina,” bunyi tanggapan Amerika ke Moskow seperti dilansir dari Anadolu, Rabu (2/2/2022).

Sejumlah proposal AS menyarankan untuk menyetujui lebih banyak batasan pada rudal, senjata non-strategis, dan hulu ledak nuklir yang tidak digunakan.

AS juga menawarkan Rusia "mekanisme transparansi" yang akan memungkinkan Rusia untuk memverifikasi tidak adanya rudal jelajah Tomahawk di pangkalan NATO di Rumania dan Bulgaria.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)