UEA Hadang Serangan Rudal Houthi saat Kunjungan Presiden Israel

Selasa, 01 Februari 2022 - 10:01 WIB
loading...
UEA Hadang Serangan Rudal Houthi saat Kunjungan Presiden Israel
Presiden Israel Herzog bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan di Abu Dhabi, UEA, 30 Januari 2022. Foto/REUTERS
A A A
DUBAI - Uni Emirat Arab (UEA) mencegat satu rudal balistik yang ditembakkan gerakan Houthi Yaman ketika UEA menjamu Presiden Israel Isaac Herzog.

Herzog melakukan kunjungan pertamanya ke pusat bisnis dan pariwisata Teluk itu seiring normalisasi hubungan UEA dengan Israel. Kabar tentang serangan rudal itu diungkapkan UEA pada Senin (31/1/2022).

Dalam serangan ketiga di UEA dalam dua pekan terakhir, juru bicara militer Houthi mengatakan mereka menembakkan rudal Zulfiqar ke Abu Dhabi dan meluncurkan drone ke Dubai.



Houthi mengulangi peringatan kepada penduduk dan perusahaan untuk "menjauh dari markas dan fasilitas vital" di UEA.



UEA selama ini membanggakan dirinya sebagai surga bisnis yang aman dan tujuan pariwisata global. Serangan Houthi ke UEA jelas membuat pening pemimpin negara itu.



Amerika Serikat mengutuk serangan terbaru itu, setelah serangan 17 Januari di depot bahan bakar di Abu Dhabi yang menewaskan tiga orang.

Kejadian ini menunjukkan eskalasi perang Yaman antara Houthi dan koalisi pimpinan Arab Saudi, yang mencakup UEA.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pemerintahannya telah melakukan "kontak harian" dengan UEA untuk mengatasi ancaman tersebut.

Pentagon mengatakan pasukan AS di UEA mengaktifkan pertahanan rudal Patriot tetapi pencegat darat-ke-udara UEA yang benar-benar menabrak rudal yang masuk itu. Kejadian itu membuka kemungkinan bantuan militer defensif tambahan oleh AS.

"Kami terus ... menjajaki peluang meningkatkan pertahanan kami dan juga pertahanan mitra Emirat kami," papar juru bicara Pentagon John Kirby dalam jumpa pers.

Seorang pejabat senior UEA menggambarkan serangan itu sebagai provokasi yang "tidak berguna". "Mereka yang menguji UEA salah," ujar pejabat UEA Anwar Gargash, dalam posting Twitter.

Serangan tersebut menyebabkan kekhawatiran keamanan yang jarang terjadi di antara beberapa penduduk di UEA yang mayoritas adalah ekspatriat.

Meski demikian, serangan itu tidak memiliki dampak yang terlihat pada kehidupan sehari-hari, dengan restoran dan pantai tetap penuh sesak selama puncak musim dingin yang sejuk.

Sentimen pasar UEA telah melemah setelah peluncuran rudal Houthi tetapi analis ekonomi mengatakan serangan yang sebagian besar digagalkan itu belum mengurangi kepercayaan bisnis atau investor.

UEA mengatakan rudal itu dicegat pada 20 menit lewat tengah malam dan puing-puingnya jatuh di daerah tak berpenghuni.

Serangan itu terjadi ketika presiden Israel mengunjungi ibu kota UEA tempat dia membahas keamanan dan hubungan bilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

"Sementara presiden Israel mengunjungi UEA untuk membangun jembatan dan mempromosikan stabilitas di seluruh kawasan, Houthi terus melancarkan serangan yang mengancam warga sipil," papar juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price dalam tweet.

Herzog melanjutkan kunjungannya ke Expo 2020 di Dubai. Dia menyuarakan harapan lebih banyak negara akan menormalkan hubungan dengan Israel seperti yang dilakukan UEA.

UEA bersama dengan Bahrain, menjalin hubungan pada 2020 dengan pakta yang didukung AS yang dijuluki "Kesepakatan Abraham."

"Hanya ada dua alternatif untuk kawasan ini. Satu adalah perdamaian, kemakmuran, kerja sama, investasi bersama ... atau alternatif, apa yang dilakukan Iran, yang membuat kawasan itu tidak stabil dan menggunakan kuasanya untuk melakukan teror," ungkap Herzog kemudian dalam pernyataan yang dikeluarkan kantornya.

Herzog meninggalkan UEA pada Senin (31/1/2022). Dia terlihat di bandara bersama Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan, dalam video dari kantor presiden Israel.

Perjanjian normalisasi telah membangun poros baru antara Israel dan negara-negara Teluk Muslim Sunni yang terutama didasarkan pada keprihatinan bersama atas Iran Syiah, termasuk proksinya dan program rudal balistiknya.

Pada saat yang sama, UEA terlibat langsung dengan Iran dalam upaya de-eskalasi yang didorong prioritas ekonomi. Delegasi bisnis Iran akan mengunjungi Expo Dubai pada Februari.

Koalisi yang dipimpin Saudi menuduh Iran memasok senjata ke Houthi. Tuduhan itu dibantah Houthi dan Teheran. Konflik Yaman dipandang sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran.

Israel menawarkan dukungan keamanan dan intelijen UEA setelah serangan 17 Januari. Tahun lalu, Israel bergabung dengan latihan angkatan laut dengan pasukan UEA, Bahrain dan AS.

Pembuat senjata milik negara UEA dan Israel telah menandatangani kesepakatan bersama-sama mengembangkan sistem pertahanan drone canggih dan kapal militer tak berawak.

Houthi sering melakukan peluncuran rudal dan pesawat tak berawak ke Arab Saudi dalam perang hampir tujuh tahun, sebelum memperluas serangan di UEA bulan ini.

UEA sebagian besar telah mengakhiri kehadiran militernya di Yaman pada 2019 tetapi pasukan Yaman yang dipersenjatai dan dilatih baru-baru ini bergabung dalam pertempuran melawan Houthi di wilayah penghasil energi utama negara itu.

Koalisi Saudi baru-baru ini juga melakukan serangan udara mematikan di daerah-daerah yang dikuasai Houthi.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)