AS Dilaporkan Siapkan Paket Sanksi yang Akan Merusak Ekonomi Rusia

Rabu, 26 Januari 2022 - 01:15 WIB
loading...
AS Dilaporkan Siapkan Paket Sanksi yang Akan Merusak Ekonomi Rusia
AS dilaporkan siapkan paket sanksi yang akan merusak ekonomi Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) sedang mempertimbangkan paket sanksi untuk menampar Rusia jika terjadi eskalasi di Ukraina . Paket sanksi ini tengah diteliti oleh CIA . Begitu laporan surat kabar Jerman, Bild.

Paket sanksi dilaporkan disajikan di Berlin oleh Menteri Luar Negeri Antony Blinken, yang mengunjungi Ibu Kota Jerman Kamis lalu untuk pertemuan dengan mitranya dari Jerman, dan dikembangkan oleh William Burns, kepala CIA yang menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Rusia antara tahun 2005 dan 2008.

Menurut Bild, sanksi baru akan menargetkan ekspor komoditas dan senjata Rusia, dengan total kerusakan ekonomi dari pembatasan diperkirakan mencapai setara dengan USD50 miliar. Kontak diplomatik juga akan dikurangi sebagai bagian dari pembatasan.

"AS dan Barat ingin menyerang peran Rusia sebagai pemasok bahan mentah terbesar di dunia," rangkum Bild seperti dilansir dari Sputnik, Rabu (26/1/2022).



Menurut sumber Bild, Blinken telah membuat rencana sanksi yang "jelas" untuk sekutu Amerika, dengan pembatasan yang ditujukan untuk memblokir rute perdagangan Rusia di seluruh dunia, memblokir rute pasokan yang digunakan oleh Moskow, dan memastikan pengurangan tajam dalam staf kedutaan Rusia di negara-negara Barat.

Para pemimpin Jerman dilaporkan menyerukan lebih sedikit pendekatan garis keras, meyakinkan Washington bahwa gas tidak akan dipompa melalui pipa Nord Stream 2 yang baru jika situasi di Ukraina meningkat, tetapi mengesampingkan pembatalan total proyek energi, seperti yang diminta oleh beberapa legislator AS.

Dalam perkembangan terkait, seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa "invasi" Rusia ke Ukraina akan mengakibatkan pembatasan penjualan barang-barang teknologi tinggi AS menggunakan kontrol ekspor.

"Sanksi juga akan menargetkan sektor pertahanan Rusia, industri kedirgantaraan, AI dan teknologi komputasi kuantum, serta teknologi lain yang berkontribusi pada ambisi strategis Rusia," kata pejabat itu dalam briefing telepon.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)