Kekeringan Parah Melanda India, 300 Danau Lenyap di Hyderabad

Selasa, 25 Januari 2022 - 19:20 WIB
loading...
Kekeringan Parah Melanda India, 300 Danau Lenyap di Hyderabad
Seseorang duduk di atas perahu di danau yang mongering di Thiruninravur, India. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - Selama tiga dekade terakhir, banyak danau telah menghilang di negara bagian Telangana, India. Pemerintah setempat meluncurkan inisiatif untuk menghidupkan kembali danau-danau yang sekarat.

“Sekitar 300 danau di ibu kota negara bagian Telangana, Hyderabad, India, secara resmi tidak dapat dilacak lagi,” ungkap laporan media setempat, dilansir Sputnik pada Selasa (25/1/2022).

Menurut laporan harian The Times of India, departemen irigasi negara bagian itu tidak dapat menemukan danau-danau tersebut.



"Ada 3.532 danau di tujuh distrik di bawah Otoritas Pengembangan Metropolitan Hyderabad (HMDA), yurisdiksi badan sipil kota. Namun, sekitar 300 danau sudah tidak ada," papar laporan itu.



Menurut komite perlindungan danau, yang dibentuk pemerintah negara bagian, alasan utama mengapa danau-danau ini ditemukan "hilang" adalah karena ratusan komunitas warga baru telah muncul di sekitarnya dalam dua dekade terakhir.



"Kami memiliki data di semua danau. Verifikasi fisik, terutama yang berkaitan dengan luasnya, sedang dilakukan," ungkap Arvind Kumar, Komisaris Metropolitan HMDA dan Kepala Sekretaris Khusus.

Satu studi berjudul “Mendokumentasikan badan air yang menghilang di Kota Hyderabad” yang diterbitkan pada 2017 mengungkapkan air gabungan yang menyebar di bawah cekungan tiga danau di kota Hyderabad, yang berfungsi sebagai daerah aliran sungai utama untuk kota dan daerah sekitarnya, menurun sebesar 40% antara tahun 1978 dan 2013.

Laporan itu juga mengungkapkan total 27 danau dan kolam dalam sistem Himayat Sagar, Umda Sagar dan Miralam Tank di kota itu telah benar-benar hilang selama periode ini.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)