Pekan Depan, Pemerintah AS Akan Bagikan 400 Juta Masker N95

Rabu, 19 Januari 2022 - 21:25 WIB
loading...
Pekan Depan, Pemerintah AS Akan Bagikan 400 Juta Masker N95
Pekan depan, Pemerintah AS akan bagikan 400 juta masker N95. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Presiden Joe Biden akan mulai menyediakan 400 juta masker N95 secara gratis untuk warga Amerika Serikat (AS) mulai pekan depan. Langkah ini diambil setelah pejabat federal menekankan masker N95 memberi perlindungan lebih baik terhadap varian omicron dibandingkan masker kain.

Gedung Putih mengumumkan pada Rabu (19/1/20202), bahwa masker akan datang dari Stok Nasional Strategis pemerintah, yang memiliki lebih dari 750 juta masker yang sangat protektif. Masker akan tersedia untuk diambil di apotek dan pusat kesehatan masyarakat di seluruh negeri.



“Mereka akan mulai pengiriman minggu ini untuk distribusi mulai akhir minggu depan,” sebut pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip dari AP.

Ini akan menjadi pembagian masker gratis terbesar oleh pemerintah federal kepada masyarakat sejak pandemi COVID-19 dimulai. Pada awal 2020, pemerintahan Presiden Donald Trump saat itu mempertimbangkan dan kemudian membatalkan rencana untuk mengirim masker ke semua warga Amerika di rumah mereka.

Presiden Joe Biden menerima inisiatif tersebut setelah menghadapi kritik yang meningkat bulan ini atas tidak dapat diaksesnya - baik dalam pasokan maupun biaya - masker N95 karena varian omicron yang sangat menular menyapu seluruh negeri.



Setelah menghadapi kritik serupa atas kekurangan alat tes COVID-19 di rumah musim dingin, Biden minggu ini meluncurkan situs web untuk warga Amerika untuk memesan empat tes cepat untuk dikirim ke rumah mereka secara gratis, dengan tes pertama dikirim akhir bulan ini.

Gedung Putih mengatakan, masker akan tersedia di apotek dan pusat kesehatan masyarakat yang telah bermitra dengan kampanye vaksinasi COVID-19 pemerintah federal.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit pada hari Jumat memperbarui panduannya tentang penutup wajah untuk lebih jelas menyatakan bahwa masker N95 dan KN95 yang dipasang dengan benar menawarkan perlindungan paling besar terhadap COVID-19. Namun, itu tidak secara resmi merekomendasikan N95 daripada masker kain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3750 seconds (0.1#10.140)