Kapal Perang Futuristik AS Mirip Kapal China, Amerika Nyontek?

Rabu, 19 Januari 2022 - 01:15 WIB
loading...
Kapal Perang Futuristik AS Mirip Kapal China, Amerika Nyontek?
Kapal perang Type-055 China. Kapal ini sangat mirip dengan konsep kapal perang futuristik Amerika Serikat sehingga memicu tuduhan Amerika menyontek konsep kapal China. Foto/CTGN
A A A
WASHINGTON - Konsep kapal perang futuristik yang diluncurkan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), DDG(X), sangat mirip dengan kapal perusak rudal berpemandu Type 055 China . Washington pun ramai-ramai dituduh menyontek konsep kapal Beijing.

Amerika sering menuduh China mencuri desain dan teknologi perangkat keras militernya. Sekarang, tuduhan serupa telah dilontarkan terhadap Amerika bukan oleh Beijing tetapi oleh analis dan banyak pengguna media sosial.



H.I Sutton, seorang analis kapal selam dan kapal perang terkemuka, bertanya-tanya: “Apakah USN [Angkatan Laut AS] mengambil alih desain dari kapal penjelajah Type-055 China?”

Pengamatan ini dilakukan setelah Angkatan Laut AS pada 12 Januari 2022 mengungkapkan konsep kapal perang futuristiknya, DDG(X), yang akan mampu mengerahkan rudal hipersonik dan senjata laser.

The EurAsian Times pada Selasa (18/1/2022), melaporkan bahwa China sedang mengerjakan dua kapal perang Type-055 lagi sementara kapal perusak terbesar dan paling modern di negara itu, Lhasa, melakukan serangkaian latihan di Laut Kuning untuk menilai kemampuan operasionalnya. Lhasa, kapal perang Type-055 kedua, diklaim siap tempur.

Pengguna media sosial, yang sebagian besar tampaknya adalah orang China, telah meledek DDG(X) Amerika. Pengguna Twitter bernama Dai Weiwei berkomentar;"[Kapal] perusak generasi berikutnya Amerika DDG(X) secara langsung menyalin [kapal] perusak Type-055 China saat ini."
Kapal Perang Futuristik AS Mirip Kapal China, Amerika Nyontek?

Foto/Twitter via The EurAsian Times

Pengguna media sosial lain menuduh: "US Navy mengungkapkan pemikiran awal untuk [kapal] perusak masa depan DDG(X). Apakah menurut Anda itu terlihat seperti kapal perusak Type-055 China? Kali ini giliran AS untuk meniru desain China.”

Desain DDG(X) diresmikan pada Surface Navy Association’s National Seminar di Arlington, Virginia, dan segera setelah itu, disamakan dengan kapal China.

Angkatan Laut AS, di sisi lain, belum membuat pernyataan tentang tuduhan ini.

Kapal perang futuristik baru ini adalah konsep yang telah ada dalam pipa untuk beberapa waktu sekarang dan tidak dapat membuahkan hasil karena krisis uang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)