Terungkap, Roda Jet Tempur Siluman F-35 Korsel Ngadat Gara-gara Burung

Senin, 17 Januari 2022 - 08:53 WIB
loading...
Terungkap, Roda Jet Tempur Siluman F-35 Korsel Ngadat Gara-gara Burung
Jet tempur siluman F-35A Korea Selatan. Salah satu jet tempur jenis ini mendarat darurat awal bulan ini karena roda pendaratan tak berfungsi. Foto/Yonhap
A A A
SEOUL - Serangan burung terhadap mesin kiri jet tempur siluman F-35A Korea Selatan (Korsel) menjadi penyebab rodal pendaratan pesawat itu ngadat.

Itulah yang menyebabkan jet tempur canggih itu melakukan pendaratan darurat dengan pendaratan perut atau belly landing pada awal bulan ini.

Baca juga: Roda Pendaratan Ngadat, Korsel Kandangkan Seluruh Jet Tempur Siluman F-35

Serangan burung itu diungkap Angkatan Udara Korea Selatan pada pekan lalu. Namun, layanan militer itu mengatakan akan ada tindak lanjut penyelidikan untuk mengetahui kemungkinan penyebab lain dari kejadian tersebut.

Pengumuman itu merupakan hasil penyelidikan awal dari kerja sama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) tentang apa yang menyebabkan insiden 4 Januari 2022 itu terjadi.

Insiden itu terjadi di landasan pacu di sebuah pangkalan udara di Seosan, 151 kilometer selatan Seoul. Pilotnya berhasil keluar dari pesawat tanpa terluka.

Angkatan Udara Korea Selatan, seperti dikutip Yonhap, Senin (17/1/2022), menambahkan tim ahli AS akan mengunjungi Korea Selatan untuk penyelidikan tambahan mengenai rincian teknis, termasuk mengapa sistem elektronik penerbangan dan roda pendarat pesawat tidak berfungsi pada saat itu.



Layanan militer itu meminta media lokal untuk menahan diri dari laporan spekulasi tentang alasan pendaratan perut. Alasannya karena pertimbangan sensitivitas masalah, karena beberapa negara lain mengoperasikan model jet siluman canggih serupa.

Korea Selatan sejauh ini telah menerima lebih dari 30 unit jet tempur siluman F-35A dari AS di bawah rencana untuk mengerahkan total 40 unit.
(min)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2422 seconds (10.55#12.26)