Tokayev: Militan Asing dari Afghanistan dan Timur Tengah Ikut Kerusuhan Kazakhstan

Senin, 10 Januari 2022 - 22:44 WIB
loading...
Tokayev: Militan Asing dari Afghanistan dan Timur Tengah Ikut Kerusuhan Kazakhstan
Presiden Kassym-Jomart Tokayev bertemu secara virtual dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel. Foto/twitter
A A A
NURSULTAN - Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev percaya serangan terhadap negaranya bertujuan membentuk "zona kekacauan terkendali" dengan perebutan kekuasaan berikutnya.

“Militan asing dari Afghanistan dan Timur Tengah mengambil bagian dalam kerusuhan di Kazakhstan,” ungkap Presiden Kassym-Jomart Tokayev dalam pertemuan virtual dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.

Presiden menambahkan dia tidak ragu bahwa kerusuhan di Kazakhstan adalah "serangan teroris."



“Idenya adalah untuk membentuk zona kekacauan terkendali di wilayah negara kita dengan perebutan kekuasaan berikutnya. Oleh karena itu, operasi anti-teroris diluncurkan di Kazakhstan," papar Tokayev.



Michel membagikan foto dirinya berbicara dengan Tokayev melalui tautan video.

“Penjaga perdamaian Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) akan tetap berada di Kazakhstan sampai situasi benar-benar stabil,” ungkap Tokayev.

"Pasukan penjaga perdamaian CSTO dikerahkan sesuai Pasal 2 dan 4 Perjanjian Keamanan Kolektif CSTO. Mereka akan tinggal di Kazakhstan sampai situasi benar-benar stabil," ungkap Tokayev.

“Kerusakan ekonomi di Kazakhstan setelah kerusuhan mungkin mencapai USD2-3 miliar, menurut perkiraan awal,” ujar Tokayev.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)