Panglima Militer Inggris: Rusia Potong Kabel Bawah Laut Bisa Menjadi Tindakan Perang

Sabtu, 08 Januari 2022 - 16:44 WIB
loading...
Panglima Militer Inggris: Rusia Potong Kabel Bawah Laut Bisa Menjadi Tindakan Perang
Panglima Militer Inggris menyebut aktivitas bawah laut Rusia dalam 20 tahun terakhir terjadi peningkatan. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Laksamana Tony Radakin mengatakan Rusia menghancurkan kabel bawahlaut "berpotensi" dianggap sebagai tindakan perang. Ia juga mengatakan bahwa aktivitas bawah laut Rusia mengancam sistem informasi dunia.

"Ada peningkatan fenomenal dalam kapal selam Rusia dan aktivitas bawah laut selama 20 tahun terakhir," kata Tony kepada The Times dalam wawancara pertamanya sejak menjadi kepala angkatan bersenjata Inggris .

“Rusia telah mengembangkan kemampuan untuk mengancam kabel bawah laut itu dan berpotensi mengeksploitasi kabel bawah laut itu,” sambungnya seperti dilansir dari Independent, Sabtu (8/1/2022).



Dia mengatakan itu berarti Rusia dapat mengambil risiko dan berpotensi mengeksploitasi sistem informasi dunia, di mana kabel bawah laut menyebar ke seluruh dunia.

“Di situlah sebagian besar informasi dan lalu lintas dunia berjalan. Rusia telah mengembangkan kemampuan untuk mengancam kabel-kabel bawah laut itu dan berpotensi mengeksploitasi kabel-kabel bawah laut itu,” ujar mantan Kepala Staf Angkatan Laut Inggris itu.

Angkatan Laut Inggris telah melacak aktivitas kapal selam Rusia, dengan tabrakan antara HMS Northumberland dan kapal selam Rusia memicu spekulasi tentang aktivitas pemetaan kabel.

Tabrakan pada Desember 2020 itu difilmkan oleh kru dokumenter dari Channel 5 yang sedang mengerjakan serial televisi berjudul Warship: Life At Sea.



Dalam wawancaranya, Tony juga mengatakan Inggris perlu mengembangkan rudal hipersonik untuk bersaing dalam persaingan militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)