Kota Penghasil Minyak Terbesar di Arab Saudi, Total Produksinya Fantastis

Jum'at, 07 Januari 2022 - 09:33 WIB
loading...
Kota Penghasil Minyak Terbesar di Arab Saudi, Total Produksinya Fantastis
Ladang minyak di kota Ghawar, Arab Saudi. Foto/nrdedge
A A A
RIYADH - Arab Saudi adalah salah satu produsen dan pengekspor minyak terbesar di dunia. Perdagangan minyak bumi yang dijalankan Arab Saudi menguntungkan hubungan diplomatik Arab Saudi dengan negara lain, seperti Jepang, China, dan negara-negara Asia Tenggara.

Tak bisa dipungkiri, sebagian besar negara industri bergantung pada impor minyak bumi, yang salah satunya diperoleh dari Arab Saudi.

Ghawar adalah salah satu ladang minyak yang terletak sekitar 100 km barat daya Kota Dhahran, Provinsi Al Hasa, Arab Saudi.



Ghawar merupakan ladang minyak konvensional terbesar di Arab Saudi, baik dari segi cadangan minyak maupun produksinya.



Ladang ini ditemukan pada tahun 1948 dan mulai beroperasi pada tahun 1951. Dikendalikan oleh perusahaan minyak Aramco, ladang Ghawar menghasilkan minyak mentah dan terus mengalami pengembangan untuk produktivitas yang lebih besar.

Dikutip dari Reuters, pada akhir 2018, Ghawar memiliki cadangan minyak gabungan 58 miliar barel dan 48,3 miliar cadangan cair.

Saat ini Ghawar memiliki lebih dari 1/4 total cadangan minyak. Ghawar tercatat memproduksi sekitar 3,8 juta barel minyak dan 2,5 miliar scf gas alam per hari.

Hal tersebut menjadikan Ghawar menjadi bagian dari enam ladang dunia yang memproduksi lebih dari satu juta barel minyak per hari.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)