Sistem Avionik Ngadat, Jet Tempur Siluman F-35 Korsel Mendarat Darurat

Rabu, 05 Januari 2022 - 01:35 WIB
loading...
Sistem Avionik Ngadat, Jet Tempur Siluman F-35 Korsel Mendarat Darurat
Jet tempur siluman F-35A Lockheed Martin. Jet tempur tipe ini yang dioperasikan Korea Selatan mendarat darurat setelah sistem avioniknya bermasalah. Foto/US Air Force/Louis Vega Jr
A A A
SEOUL - Sebuah jet tempur siluman F-35A yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Korea Selatan (Korsel) melakukan pendaratan darurat selama sesi pelatihan pada hari Selasa (4/1/2022). Musababnya, sistem avionik pesawat canggih ini ngadatatau bermasalah.

Menurut para pejabat terkait, pilotnya berhasil keluar dari pesawat tanpa cedera.



Kantor berita Yonhap melaporkan, jet yang mampu menghindari radar ini melakukan "belly landing [pendaratan perut]" di landasan pacu di pangkalan udara di Seosan, 151 kilometer selatan Seoul, sekitar pukul 12.51 waktu setempat.

Pendaratan perut terjadi setelah masalah pada sistem avionik menyebabkan roda pendarat menjadi tidak aktif untuk sementara waktu.

Angkatan Udara Korea Selatan dan militer Amerika Serikat (AS) berencana untuk memulai penyelidikan bersama atas apa yang salah dengan pesawat tempur yang diproduksi oleh Lockheed Martin tersebut.

Para pejabat Korsel mengatakan Angkatan Udara akan menangguhkan semua pesawat tempur F-35A sambil menunggu penyelidikan.

Korea Selatan Sejauh ini telah menerima lebih dari 30 unit jet tempur F-35A dari AS di bawah rencana untuk menyebarkan total 40 unit.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)