Tsunami COVID-19 Landa AS, Catat Lebih dari 1 Juta Kasus dalam 24 Jam

Selasa, 04 Januari 2022 - 16:21 WIB
loading...
Tsunami COVID-19 Landa AS, Catat Lebih dari 1 Juta Kasus dalam 24 Jam
Tsunami kasus COVID-19 terjadi di AS di mana lebih dari 1 juta kasus terjadi pada awal pekan ini. Foto/Bloomberg
A A A
WASHINGTON - Tsunami kasus COVID-19 terjadi di Amerika Serikat (AS) di mana varian Omicron menjadi strain yang lebih dominan di negara itu. Lebih dari 1 juta orang di AS didiagnosis dengan COVID-19 pada awal pekan ini.

Varian yang diketahui lebih menular itu mendorong kasus AS ke rekor terbanyak, dengan selisih besar, yang pernah dilaporkan negara mana pun.

Jumlah kasus yang terjadi pada hari Senin hampir dua kali lipat dari rekor sebelumnya sekitar 590 ribu yang ditetapkan hanya empat hari lalu di AS, yang merupakan dua kali lipat dari minggu sebelumnya.



Ini juga lebih dari dua kali jumlah kasus yang terlihat di tempat lain sejak pandemi dimulai lebih dari dua tahun lalu. Jumlah tertinggi di luar AS terjadi selama gelombang delta India, ketika lebih dari 414.000 orang didiagnosis pada 7 Mei 2021 seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (4/1/2022).

Peningkatan jumlah kasus itu datang bahkan ketika banyak warga Amerika mengandalkan tes yang mereka lakukan di rumah, dengan hasil yang tidak dilaporkan ke otoritas resmi pemerintah. Ini berarti rekor itu pasti di bawah perkiraan yang signifikan.

Sementara kasus yang melonjak belum diterjemahkan ke dalam infeksi parah dan kematian yang meroket, dampaknya telah dirasakan di seluruh negeri dengan kasus baru mengisolasi di rumah.



Hasilnya adalah penerbangan yang dibatalkan, sekolah dan kantor yang ditutup, rumah sakit yang kewalahan, dan menahan rantai pasokan.

Data dari Universitas Johns Hopkins dan keterlambatan pelaporan selama liburan mungkin berperan dalam kenaikan kasus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)