Makin Ngeri, Varian Baru Covid dengan 46 Mutasi Muncul di Prancis

Selasa, 04 Januari 2022 - 13:36 WIB
loading...
Makin Ngeri, Varian Baru Covid dengan 46 Mutasi Muncul di Prancis
Pejalan kaki memakai masker di Nantes, Prancis, 26 Mei 2021. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Virus Sars-CoV-2 yang menyebabkan penyakit virus corona terus berkembang dengan cara yang membuatnya lebih mudah menular dan memungkinkannya menginfeksi orang yang seharusnya memiliki kekebalan.

Menurut laporan Sputnik pada Selasa (4/1/2022), varian baru virus COVID-19 menunjukkan perubahan genetik yang berbeda dari urutan asli ketika COVID-19 diidentifikasi. Penemuan ini memicu kekhawatiran di antara para ahli kesehatan global.

“Strain COVID-19 baru tampaknya telah ditemukan di Prancis yang memiliki 46 mutasi, yang diyakini membuatnya lebih mudah menular dan resisten terhadap vaksin,” ungkap laporan yang diposting di medRxiv yang belum ditinjau lebih lanjut.



Varian virus corona, dijuluki B.1.640.2. itu pertama kali ditemukan para ilmuwan di Institut Rumah Sakit Universitas Infeksi Mediterranee (IHU) pada 10 Desember tahun lalu.



Mereka telah mengumumkan di Twitter bahwa mereka telah mendeteksi jenis baru Covid pada pasien dari Forcalquier, di wilayah Alpes-de-Haute-Provence.



Sekelompok 12 kasus varian "kombinasi atipikal" telah dikonfirmasi di dekat daerah Marseilles, dengan laporan menunjukkan banyak dari pasien tersebut memerlukan rawat inap.

“Kami memang memiliki beberapa kasus varian baru ini di wilayah geografis Marseilles. Kami menamakannya 'varian IHU'. Dua genom baru itu sudah dikirimkan,” tulis Profesor IHU Philippe Colson, kepala departemen yang menemukan varian tersebut.

Menurut laporan itu, "kasus indeks" adalah seorang pria yang divaksinasi lengkap yang telah kembali dari perjalanan ke Kamerun pada November.

Tiga hari kemudian dia dinyatakan positif mengidap virus corona, mengalami "gejala pernapasan ringan".

Pengujian telah menunjukkan bahwa jenis virus corona membawa mutasi E484K yang diyakini membuatnya lebih tahan terhadap vaksin, dan mutasi N501Y yang awalnya ditemukan pada varian Alpha. Fitur terakhir dapat membuat varian baru itu lebih menular.

Menganalisis "kerabat jauh" Omicron ini, ilmuwan menulis dalam publikasi, “Deteksi selanjutnya oleh qPCR dari tiga mutasi pada gen lonjakan untuk menyaring varian, seperti yang dilakukan secara sistematis di Prancis dalam kasus positif SARS-CoV-2, mengungkapkan kombinasi atipikal dengan negatif L452R, positif E484K, dan negatif E484Q … yang tidak sesuai dengan pola varian Delta yang terlibat dalam hampir semua infeksi SARS-CoV-2 pada waktu itu.”

Omicron atau B.1.1.529, yang saat ini mendorong jumlah kasus COVID-19 ke level tertinggi baru di seluruh dunia, membawa sekitar 50 mutasi.

Tampaknya Omicron lebih mampu menghindari kekebalan, tetapi sejumlah penelitian menunjukkan Omicron cenderung tidak memicu penyakit parah.

Menggarisbawahi pentingnya pengujian dan “pengawasan genomik”, makalah tertanggal 29 Desember menyimpulkan, “Pengamatan ini menunjukkan sekali lagi ketidakpastian munculnya varian baru SARS-CoV-2 dan pengenalannya dari luar negeri, dan mereka menunjukkan kesulitan untuk mengendalikan pengenalan tersebut dan penyebaran selanjutnya.”

Para akademisi di balik publikasi tersebut juga mengakui bahwa, “Terlalu dini untuk berspekulasi tentang fitur virologi, epidemiologi, atau klinis dari varian IHU ini berdasarkan 12 kasus ini.”

B.1.640.2. belum diselidiki oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau "varian yang menjadi perhatian".

Dilaporkan belum ada bukti bahwa varian baru itu telah menyebar melewati perbatasan Prancis.

Ahli epidemiologi AS Eric Feigl-Ding turun ke Twitter untuk mempertimbangkan varian "kombinasi atipikal" tersebut. Dia berusaha mengurangi kekhawatiran dengan menekankan bahwa strain baru terus-menerus terdeteksi.

Satu aspek yang menurutnya "mengkhawatirkan" adalah bahwa jumlah pasian yang dirawat di ICU tampaknya jauh lebih tinggi di wilayah Prancis tempat klaster varian baru berada.

Ahli virologi Imperial College London, Dr Tom Peacock, juga menggunakan Twitter untuk menyarankan bahwa varian IHU “sebenarnya mendahului Omicron”.

Pakar lain telah menekankan sejak sampel positif dari strain pertama kali terdeteksi pada November, kemungkinan besar telah disingkirkan oleh varian Omicron yang sangat mudah menular sejak saat itu.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)