Bersikap Rasis Terhadap Perampok Rumahnya, Hakim AS Mengundurkan Diri

Sabtu, 01 Januari 2022 - 19:33 WIB
loading...
Bersikap Rasis Terhadap Perampok Rumahnya, Hakim AS Mengundurkan Diri
Seorang hakim AS mengundurkan diri setelah mengeluarkan pernyataan rasis terhadap perampok rumahnya. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Seorang hakim Amerika Serikat (AS) yang tertangkap menggunakan kata-kata Negro untuk menggambarkan seorang pencuri kulit hitam yang mencoba membobol mobilnya mengundurkan diri dan meminta maaf atas komentarnya.

Hakim Pengadilan Kota Louisiana, Michelle Odinet, mengundurkan diri dari posisinya pada hari Jumat dan meminta pengampunan. Itu dilakukannya setelah dia tertangkap kamera dengan keluarganya membuat pernyataan rasis terhadap tersangka perampokan sambil menonton rekaman pengawasan kejahatan.

Dalam surat pengunduran dirinya, Odinet mengatakan dia bertanggung jawab penuh atas kata-kata menyakitkan yang digunakannya untuk menggambarkan individu yang merampok kendaraan di rumahnya.



“Saya minta maaf atas rasa sakit yang saya timbulkan pada komunitas saya dan meminta maaf kepada Anda, karena kata-kata saya tidak menumbuhkan kepercayaan dan integritas publik terhadap peradilan,” katanya seperti dikutip dari RT, Sabtu (1/1/2022).

"Odinet memahami bahwa ini adalah akhir dari pelayanan publiknya, tetapi hanya awal dari apa yang perlu dia lakukan untuk mendapatkan pengampunan dari masyarakat,” ucap pengacaranya, Dane Ciolino, dalam sebuah pernyataan kepada surat kabar The Advocate.

Hakim itu sempat mengambil cuti pada bulan Desember lalu setelah rekaman yang menangkap komentar rasisnya menjadi viral secara online.



“Kami memiliki n**! Itu adalah**! Seperti kecoak,” kata Odinet dalam video tersebut, sebelum tertawa.

Setelah video itu menjadi viral, Odinet mengklaim kondisi mentalnya pada saat itu rapuh dan dia tidak bisa tidur akibat perampokan yang menakutkan. Karena itu, Odinet mengatakan dia diberi obat penenang pada saat video dan tidak ingat tentang "bahasa yang mengganggu" yang digunakan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)