Thailand Incar 8 Jet Tempur Siluman F-35 AS dengan Menawar Murah

Sabtu, 01 Januari 2022 - 09:37 WIB
loading...
Thailand Incar 8 Jet Tempur Siluman F-35 AS dengan Menawar Murah
Thailand ingin membeli 8 jet tempur siluman F-35 buatan AS. Foto/Lockheed Martin
A A A
BANGKOK - Angkatan Udara Kerajaan Thailand sedang mengincar pengadaan delapan jet tempur siluman F-35 buatan Amerika Serikat (AS). Namun, negara Asia Tenggara ini ingin menawarnya dengan harga yang lebih murah.

Panglima militer Thailand, Napadej Dhupatemiya, mengatakan pengadaan jet tempur canggih itu perlu untuk memperkuat pertahanan nasional.

Napadej mengatakan Angkatan Udara membutuhkan armada jet tempur baru karena pesawat F-5 dan F-16 yang sudah tua telah beroperasi selama lebih dari tiga dekade.



Seiring bertambahnya usia pesawat, biaya perawatan dan risiko keselamatan cenderung meningkat.

Jet F-35, yang diproduksi oleh raksasa pertahanan AS; Lockheed Martin, telah muncul sebagai pilihan terbaik sekarang karena biayanya lebih rendah, masing-masing turun menjadi USD82 juta dari USD142 juta saat model pertama kali diluncurkan ke pasar.

Menurut Napadej, dibandingkan Saab Gripen baru buatan Swedia yang harganya USD85 juta per unit, produk Lockheed Martin itu tidak lepas dari jangkauan.

Menurutnya, itu tergantung pada negosiasi. Pihaknya ingin menawar F-35 di atas USD70 juta per unitnya.

Napadej mengatakan perencanaan anggaran untuk proyek akuisisi F-35 akan dimulai pada tahun fiskal 2023, yang dimulai pada bulan Oktober, dan Angkatan Udara siap untuk menjawab semua pertanyaan jika memilih untuk melanjutkan pembelian.

Dia mengatakan sebuah panel akan dibentuk untuk mempelajari program pengadaan pesawat untuk membenarkan permintaan pendanaan Angkatan Udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)