Biden-Putin Lakukan Pembicaraan Saat Ketegangan Krisis Ukraina Meningkat

Jum'at, 31 Desember 2021 - 04:41 WIB
loading...
Biden-Putin Lakukan Pembicaraan Saat Ketegangan Krisis Ukraina Meningkat
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Joe Biden melakukan pembicaraan via video call awal Desember lalu. Foto/VOI
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin kembali melakukan pembicaraan di tengah meningkatnya ketegangan atas krisis di perbatasan Ukraina pada Kamis waktu setempat. Ini adalah untuk kedua kalinya pembicaraan dilakukan pada bulan ini.

Baik Washington dan Moskow tetap bungkam tentang agenda khusus pembicaraan. Meski begitu, Gedung Putih mengisyaratkan topik kebuntuan terkait Ukraina akan diajukan. Sedangkan Moskow mengatakan diskusi tentang perjanjian keamanan komprehensif, yang diusulkan oleh Rusia, juga akan dibahas seperti dilansir dari Russia Today, Jumat (31/12/2021).

Kremlin telah menghubungkan pembicaraan telepon keduanya dengan pembicaraan keamanan profil tinggi mendatang di Jenewa, yang dijadwalkan pada 10 Januari.



“Ada kebutuhan untuk percakapan telepon lain, yang akan datang sebelum dimulainya negosiasi,” ujar juru bicara Putin, Dmitry Peskov.

Negosiasi yang akan datang sendiri akan dipimpin oleh pejabat diplomatik senior masing-masing pihak, sementara para pemimpin kedua negara diperkirakan tidak akan hadir.

Awal bulan ini, Putin dan Biden telah mengadakan pertemuan puncak virtual melalui tautan video, membahas berbagai masalah, mulai dari keamanan dunia maya hingga nasib kesepakatan nuklir Iran 2015.

Konflik Ukraina dan kesepakatan keamanan yang diusulkan pada non-ekspansi NATO lebih jauh ke timur adalah topik utama dari pembicaraan sebelumnya.



Washington dan sekutu baratnya telah berulang kali menuduh Moskow berusaha untuk "menyerang" negara tetangga Ukraina, mengutip dugaan penumpukan militer di perbatasannya sebagai bukti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)