Mengenal Qatar, Negara Kaya di Timur Tengah

Kamis, 30 Desember 2021 - 17:21 WIB
loading...
Mengenal Qatar, Negara Kaya di Timur Tengah
Deretan gedung terlihat di garis pantai di Doha, Qatar, 5 Juni 2017. Foto/REUTERS
A A A
DOHA - Qatar adalah negara yang berada di semenanjung kecil jazirah Arab. Negara ini berbatasan langsung dengan Arab Saudi di sisi bagian selatan dan bisa langsung ditempuh melalui jalur darat.

Selain itu, Qatar berbatasan dengan Bahrain (melalui laut) di bagian barat lautnya dan di sebelah timur berbatasan dengan Uni Emirat Arab. Sepanjang Teluk Persia yang ada di sebelah utaranya, Qatar bersebelahan dengan Iran.

Negara ini dikenal sangat kaya. Bahkan, terkaya di Timur Tengah. Qatar mengandalkan pasokan minyak sebagai tiang utama perekonomiannya.



Sekitar 13% minyak dunia dipasok dari Qatar. Pada 2020, jumlah produk domestik bruto (PDB) Qatar mencapai USD146,4 juta dengan total penduduk sebanyak 2,8 juta orang.



Dengan jumlah penduduk yang relatif sedikit, namun memiliki pendapatan luar biasa banyak, maka tak heran jika Qatar menjadi salah satu negara kaya dan makmur di dunia.

Minyak bumi mulai ditemukan di Qatar pada tahun 1939. Selang 10 tahun kemudian, negara ini mulai memproduksi minyak dan gas alam.

Karena menjadi komoditas andalan, maka banyak penduduk Qatar yang juga berkecimpung di sektor bisnis minyak.

Padahal, sebelum meletusnya Perang Dunia II, masyarakat Qatar memiliki mata pencaharian beragam, seperti pencari mutiara, nelayan, atau memancing dan berdagang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)