Donald Trump Tuding Joe Biden Tunduk kepada China

Rabu, 29 Desember 2021 - 22:52 WIB
loading...
Donald Trump Tuding Joe Biden Tunduk kepada China
Mantan presiden AS Donald Trump menuding penerusnya, Joe Biden, tunduk kepada China. Foto/Times of Israel
A A A
WASHINGTON - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuduh penerusnya, Joe Biden , menyerah pada COVID-19 dan bergabung dengan China yang menutupi asal usul virus itu dengan gagal menekan Beijing.

Dalam buletin akhir tahun yang panjang kepada para pendukungnya, Trump memuji respons pemerintahannya terhadap virus Corona baru dan menyimpulkan bahwa ia menangani pandemi dengan sangat baik.

"Ini (pemerintah Biden) bahkan tidak dekat," tulisnya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (29/12/2021).

Lebih dari dua tahun setelah SARS-CoV-2 terdeteksi di kota Wuhan China tengah, dunia semakin dekat untuk mengetahui asal usul virus penyebab COVID-19, penyakit yang kini telah menewaskan lebih dari 819.000 orang Amerika dan diklaim lebih dari 5,4 juta jiwa di seluruh dunia.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Fox News, Trump mengatakan sangat jelas bahwa virus itu lolos dari laboratorium di Wuhan. Namun, pada bulan Agustus, Komunitas Intelijen (IC) menemukan bukti dari apa yang disebut teori "kebocoran lab" tidak meyakinkan, setelah Biden memberi waktu 90 hari kepada agensi untuk memeriksanya lagi.



Dalam buletinnya, mantan presiden itu menuduh Biden "membungkuk ke China" dan bergabung dengan Beijing.

"Pemerintahan Biden terus menolak untuk meminta pertanggungjawaban China atas perannya dalam penyebaran virus Corona yang mematikan, menentang permintaan Presiden Trump agar China membayar triliunan dolar untuk kerusakan yang ditimbulkannya," katanya.

Trump menerima jumlah kematian COVID-19 yang dilaporkan di AS, yang tetap menjadi yang tertinggi di dunia dan meningkat lebih dari dua kali lipat sejak Trump meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2021.

"Satu tahun kemudian, Joe Biden adalah presiden gagal yang telah menyerah pada virus dan melanggar janji nomor satu kepada rakyat Amerika: untuk mengakhiri pandemi sekali dan untuk selamanya," kata Trump.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)