Rusia Siap Mengancam Balik Jika Tuntutannya Ditolak AS dan NATO

Minggu, 19 Desember 2021 - 12:46 WIB
loading...
Rusia Siap Mengancam Balik Jika Tuntutannya Ditolak AS dan NATO
Rusia siap mengancam balik jika tuntutannya ditolak AS dan NATO. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia dipaksa untuk mengambil langkah-langkah untuk menciptakan sistem ancaman balasan jika Amerika Serikat (AS) dan NATO menolak proposal keamanan yang diajukan. Hal tersebut dikatakan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko.

“Kami telah menjelaskan bahwa kami siap untuk membahas cara-cara untuk mengubah skenario militer atau skenario teknis militer ke dalam proses politik yang benar-benar akan memperkuat keamanan militer semua negara di dalam OSCE, ruang Euroatlantik, dan Eurasia," ujarnya.

"Dan jika ini tidak berhasil, kami telah menjelaskan kepada [NATO] bahwa kami akan beralih ke mode menciptakan ancaman balasan. Tetapi kemudian akan terlambat untuk bertanya mengapa kami membuat keputusan seperti itu, mengapa kami menerapkan sistem seperti itu," kata diplomat Rusia itu seperti dilansir dari Sputnik, Minggu (19/12/2021).

Grushko menekankan bahwa proposal Rusia ditujukan untuk mundur dari jurang berbahaya saat ini dalam hubungan antara Rusia dan AS, serta untuk bergerak ke arah dialog.



"Saat kebenaran ada pada kita. Memang, kita telah mencapai garis berbahaya. Dan proposal kita ditujukan tepat untuk menjauh dari garis berbahaya ini dan menuju semacam dialog normal, di garis depan yang akan menjadi kepentingan keamanan," dia berkata.

Diplomat itu menekankan bahwa Rusia telah mencapai titik dalam hubungan dengan NATO di mana tidak mungkin lagi untuk "menyingkirkan" atau "membicarakan" masalah keamanan Rusia.

Rusia, tambah Grushko, akan bekerja secara konsisten untuk mencapai visi keamanan Eropa dari NATO seperti yang dilihat Moskow, dan seperti yang telah digariskan dalam proposal Kementerian Luar Negeri.

"Kami akan berusaha sangat konsisten dan mendasar untuk menerapkan visi bagaimana membangun keamanan Eropa persis seperti yang telah kami rumuskan," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)