AS Uji Coba Sistem Senjata Laser di Tengah Ancaman Drone Houthi

Kamis, 16 Desember 2021 - 03:33 WIB
loading...
AS Uji Coba Sistem Senjata Laser di Tengah Ancaman Drone Houthi
Angkatan Laut AS menguji coba sistem senjata laser di Teluk Aden di tengah ancaman drone Houthi. Foto/academytalk
A A A
DUBAI - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa pihaknya menguji senjata laser dan menghancurkan target terapung di Timur Tengah, sebuah sistem yang dapat digunakan untuk melawan kapal drone bermuatan bom yang dikerahkan oleh pemberontak Yaman Houthi di Laut Merah.

Uji coba yang dilakukan hari Selasa memperlihatkan kapal perang AS, USS Portland, melakukan uji coba Laser Weapon System Demonstrator di sasaran di Teluk Aden, perairan yang memisahkan Afrika Timur dari Semenanjung Arab.

Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Timur Tengah menggambarkan laser berhasil menyerang target dalam sebuah pernyataan. Sebelumnya, USS Portland menggunakan laser untuk menjatuhkan drone yang terbang pada Mei 2020 seperti dilansir dari AP, Kamis (16/12/2021).



Teluk Aden terletak di sepanjang pantai selatan Yaman yang dilanda perang. Negara itu telah berperang sejak pemberontak Houthi yang didukung Iran merebut ibukotanya, Sanaa, pada tahun 2014.

Sebuah koalisi yang dipimpin Arab Saudi memasuki konflik pada Maret 2015 dan mengunci konflik selama bertahun-tahun, membuatnya menjadi bencana kemanusiaan terburuk di dunia dan menewaskan sekitar 110.000 orang.

Perang juga telah merembes ke perairan sekitarnya, seperti Laut Merah dan Bab el-Mandeb, yang menghubungkan laut dengan Teluk Aden. Jalur perairan ini mengarah ke Terusan Suez dan ke Laut Mediterania, menjadikannya penting untuk pengiriman internasional dan pasokan energi global.



Houthi telah mengerahkan kapal drone ke perairan ini, yang dapat dikemudikan dari jarak jauh dan dikirim ke target sebelum meledak. Kapal-kapal ini diduga dibangun dengan bantuan Iran.

Pejabat Uni Emirat Arab (UEA) pada tahun 2018 memamerkan rekaman yang mereka gambarkan berasal dari komputer kapal drone yang memiliki komponen Iran untuk sistem panduan kapal, dengan topi yang terlihat di latar belakang satu gambar bertuliskan simbol Garda Revolusi paramiliter garis keras Iran.

Iran telah membantah mempersenjatai Houthi, meskipun para ahli Perserikatan Bangsa-Bangsa, analis independen, dan negara-negara Barat menunjukkan bukti yang menunjukkan hubungan Teheran dengan senjata itu.

USS Portland, kapal transportasi amfibi kelas San Antonio,berhomebase di pelabuhan San Diego. Kapal ini dikerahkan sebagai bagian dari Essex Amphibious Ready Group yang sekarang ada di Timur Tengah.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)