AU Amerika Pecat 27 Personel karena Tolak Divaksinasi Covid-19

Rabu, 15 Desember 2021 - 15:30 WIB
loading...
AU Amerika Pecat 27 Personel karena Tolak Divaksinasi Covid-19
Seorang tentara Amerika Serikat sedang menjalani vaksinasi Covid-19. FOTO/New York Times
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) telah memberhentikan 27 personel mereka karena menolak mendapatkan vaksinasi COVID-19 . Ini adalah langkah pemecatan pertama yang dilakukan militer AS terhadap anggota yang menolak mematuhi perintah vaksinasi Covid-19.

Seperti dilaporkan AP, Selasa (14/12/2021), Angkatan Udara AS memerintahkan pasukannya hingga 2 November untuk mendapatkan vaksin. Ribuan personel Angkatan Udara AS dilaporkan menolak atau mencari pengecualian. Menurut Juru bicara Angkatan Udara AS, Ann Stefanek, ini adalah gelomang personel Angkatan Udara pertama yang secara administratif diberhentikan karena alasan yang melibatkan vaksin.



“Mereka semua dalam masa wajib militer pertama mereka. Jadi, mereka adalah personel yang lebih muda dan berpangkat lebih rendah,” jelas Stefanek.

Ia menambahkan, tak satu pun dari 27 personel itu yang mencari pengecualian medis, administrasi atau agama. Beberapa pejabat dari layanan lain mengatakan, mereka percaya bahwa sejauh ini hanya Angkatan Udara yang sudah dalam proses dan memberhentikan personel karena penolakan vaksin.

“Akibatnya, mereka secara resmi dikeluarkan dari dinas karena gagal mematuhi perintah. Mungkin juga beberapa memiliki pelanggaran lain dalam catatan mereka, tetapi semua memiliki penolakan vaksin sebagai salah satu elemen pelepasan mereka,” ungkap Stefanek.



Bukan hal yang aneh jika anggota militer dikeluarkan dari dinas karena tidak mematuhi perintah; disiplin adalah prinsip utama dari angkatan bersenjata. Sebagai perbandingan, Stefanek mengatakan bahwa dalam tiga kuartal pertama tahun 2021, sekitar 1.800 penerbang diberhentikan karena gagal mengikuti perintah.

Menurut data Angkatan Udara terbaru, lebih dari 1.000 penerbang menolak tembakan dan lebih dari 4.700 mencari pengecualian agama. Pada minggu lalu, sedikit lebih dari 97% dari tugas aktif Angkatan Udara mendapatkan setidaknya satu dosis suntikan.

Angkatan Udara AS tidak mengungkapkan jenis pemecatan yang diperoleh seorang anggota dinas, undang-undang yang berjalan melalui Kongres membatasi militer untuk memberi pasukan dalam kasus penolakan vaksin pemecatan yang terhormat atau pemecatan umum di bawah kondisi yang terhormat.



Pada awal tahun ini, Pentagon mewajibkan vaksin untuk semua anggota militer, termasuk tugas aktif, Garda Nasional dan Cadangan. Masing-masing layanan menetapkan tenggat waktu dan prosedurnya sendiri untuk mandat. Angkatan Udara AS menetapkan tenggat waktu paling awal.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan vaksin itu sangat penting untuk menjaga kesehatan pasukan dan kemampuannya untuk menanggapi krisis keamanan nasional.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)