Jelajahi Chiang Rai, Dubes Rachmat Budiman Dorong Kerja Sama RI dan Thailand

Selasa, 14 Desember 2021 - 11:21 WIB
loading...
Jelajahi Chiang Rai, Dubes Rachmat Budiman Dorong Kerja Sama RI dan Thailand
Dubes RI untuk Thailand Rachmat Budiman mengunjungi berbagai wilayah di Thailand. Foto/kbri bangkok
A A A
BANGKOK - Duta Besar (Dubes) RI untuk Thailand Rachmat Budiman terus mendorong kerja sama antara Indonesia dan Thailand. Dubes pun mengunjungi berbagai wilayah di negara itu untuk memperkuat hubungan bilateral.

“Kunjungan kerja ini dilakukan dalam upaya memperkuat hubungan kerja sama Indonesia dan Thailand secara menyeluruh, yang tidak hanya dilakukan antara pemerintah pada tingkat pusat tetapi juga dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk pejabat pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya di provinsi,” papar Dubes RI Rachmat Budiman ketika melakukan courtesy call kepada Wakil Gubernur Chiang Rai, Buncha Chaovarin, pada 8 Desember 2021.

Hubungan kerja sama yang kokoh di berbagai bidang diharapkan dapat membantu menyejahterakan masyarakat kedua negara secara lebih luas.

Dalam pertemuan dibahas berbagai hal termasuk potensi kerja sama dalam bidang pendidikan perdagangan, investasi, pariwisata dan seni budaya.

Hal ini diharapkan akan mampu mempercepat upaya pemulihan perekonomian Indonesia dan Thailand pasca pandemi Covid-19.

Pada kesepatan tersebut, Dubes Rachmat Budiman juga menitipkan WNI yang tinggal di Provinsi Chiang Rai, yang sebagian besar merupakan pengajar, pelajar, dan WNI yang menikah dengan WN Thailand dan WNA lainnya.

Wakil Gubernur Chiang Rai menyampaikan pandangan yang sejalan mengenai pentingnya kerja sama yang berkelanjutan antara Indonesia dan Thailand, terutama dengan Provinsi Chiang Rai, yang memiliki keunikan tersendiri dari segi geografis serta keanekaragaman etnis dan seni budaya.

Wakil Gubernur juga sepakat memperkuat kerja sama perdagangan, pariwisata, seni dan budaya serta olah raga.

Pemerintah Provinsi Chiang Rai juga berbagi pengalaman mengenai penerapan “Blooming Chiang Rai” per 1 Desember 2021 untuk membuka arus masuknya turis berwisata ke Chiang Rai mengingat 70% penduduknya telah memperoleh vaksin.

Pemerintah Provinsi Chiang Rai senantiasa siap mendukung KBRI Bangkok dalam penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Thailand.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)