Bahasa Indonesia Diharapkan Makin Populer di Australia

Selasa, 14 Desember 2021 - 10:47 WIB
loading...
Bahasa Indonesia Diharapkan Makin Populer di Australia
BBIV menggelar pertemuan umum tahunan (Annual General Meeting/AGM) pada 11 Desember 2021. Foto/kbri canberra
A A A
CANBERRA - Balai Bahasa Indonesia Victoria (BBIV) Australia terus mendorong agar bahasa Indonesia populer di Negeri Kanguru. Upaya itu ditegaskan saat BBIV menggelar pertemuan umum tahunan (Annual General Meeting/AGM) pada 11 Desember 2021.

Pertemuan tahunan ini dilakukan untuk mengevaluasi program kerja tahun 2021 dan menyiapkan program kerja tahun 2022.

Selain melaporkan kegiatan, AGM juga untuk menentukan kepengurusan BBIV 2022. Dalam AGM 2021 ini terpilih Tata Survi, guru bahasa Indonesia di Hunting Tower School sebagai presiden BBIV.

Pertemuan yang dilakukan di kota Ballarat ini dihadiri pengurus BBIV yang terdiri dari guru, penggiat bahasa dan pecinta budaya Indonesia di negara bagian Victoria Australia.

Presiden BBIV Tata Survi menjelaskan, selama terjadinya pandemi dan beberapa kali lockdown aktifitas Balai Bahasa tetap berjalan meski dalam format dan intensitas yang berbeda.

Presiden BBIV mengatakan bahasa asing yang populer saat ini masih bahasa dari Eropa, seperti Italia dan Spanyol. "Selain Eropa, di Victoria ini bahasa Vietnam cukup berkembang. Mereka cukup berhasil meyakinkan anak-anak muda keturunan Vietnam untuk belajar bahasa Vietnam," ungkap Tata.

Bahasa Indonesia menurut Tata mengalami penurunan daya tarik di kalangan pelajar Victoria. "Sebagai perbandingan, tahun lalu yang ikut tes bahasa Indonesia untuk kelas 12 ada 640 siswa, sementara tahun ini hanya 420 siswa," papar Tata.

Menanggapi hal tersebut, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI Canberra, Mukhamad Najib berharap ada strategi baru yang bisa mengembalikan popularitas bahasa Indonesia di Australia.

"Saya menyadari sepenuhnya bahwa saat ini kita memiliki tantangan sekaligus peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan kejayaan bahasa Indonesia di Australia. Indonesia yang terus membaik secara ekonomi, kesehatan dan keamanan akan menjadi masa depan yang menarik bagi anak-anak muda Australia. Seiring dengan itu bahasa Indonesia menjadi penting bagi mereka," ujar Najib.

Menurut Najib, promosi bahasa Indonesia di Australia tidak bisa berdiri sendiri melainkan harus dilakukan secara terintegrasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)