Dianggap Langgar HAM, UE Sanksi Kelompok Tentara Bayaran Rusia

Selasa, 14 Desember 2021 - 05:36 WIB
loading...
Dianggap Langgar HAM, UE Sanksi Kelompok Tentara Bayaran Rusia
Ilustrasi
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa memberlakukan sanksi terhadap kontraktor militer swasta Rusia, Wagner Group pada Senin (13/12/2021). Selain Wagner Group, sanksi juga dijatuhkan pada delapan individu dan tiga perusahaan energi lainnya di Suriah. Uni Eropa menuduh kelompok tersebut melakukan operasi rahasia atas nama Kremlin.

"Kelompok Wagner bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia yang serius di Ukraina, Suriah, Libya, Republik Afrika Tengah, Sudan dan Mozambik," kata UE dalam jurnal resminya, seperti dikutip dari Reuters.



Rusia membantah melakukan kesalahan. Presiden Vladimir Putin mengatakan kontraktor militer swasta memiliki hak untuk bekerja dan mengejar kepentingan mereka di manapun di dunia selama mereka tidak melanggar hukum Rusia. Putin mengatakan, Grup Wagner tidak mewakili negara Rusia atau dibayar olehnya.

Larangan perjalanan dan pembekuan aset - yang dirancang untuk membatasi pemerintah mana pun dari bekerja dengan Grup Wagner - tidak mungkin berdampak besar di Moskow. Tetapi, mereka menandai pengerasan lebih lanjut dari kebijakan luar negeri UE terhadap Rusia, kata para diplomat.

Uni Eropa memasukkan Dimitriy Utkin, mantan perwira intelijen militer (GRU), ke dalam daftar hitam. Uni Eropa menyatakan, Utkin adalah pendiri Wagner dan bertanggung jawab untuk "mengkoordinasikan dan merencanakan operasi untuk penempatan tentara bayaran Wagner Group di Ukraina".



Valery Zakharov, penasihat keamanan presiden Republik Afrika Tengah, adalah satu-satunya tokoh masyarakat Rusia dalam daftar. Uni Eropa menuduhnya mendalangi pembunuhan tiga wartawan Rusia yang sedang menyelidiki Wagner Group pada tahun 2018. Zakharov membantah mengetahui perusahaan itu, tautan apa pun ke sana, atau kesalahan apa pun.

Tiga dari mereka yang terkena sanksi - Andrey Troshev, Andrey Bogatov dan Alexander Kuznetsov - adalah komandan Wagner yang diterima oleh Putin di sebuah acara Kremlin dan berpose bersamanya untuk foto yang diterbitkan oleh outlet berita Rusia Fontanka pada tahun 2017.

Dua orang lainnya, Denis Kharitonov dan Sergey Shcherbakov, adalah bagian dari kelompok tersangka tentara bayaran Wagner yang ditahan sebentar di Belarusia tahun lalu dan dikirim kembali ke Rusia, menurut kantor berita Belarusia Belta.



Uni Eropa juga mengatakan bahwa Kharitonov telah berjuang untuk Rusia di Ukraina timur, "secara pribadi menembak jatuh sebuah helikopter Ukraina" di wilayah tersebut dan "menerima Order of Merit dari Federasi Rusia untuk Tanah Air".

Tiga entitas berbasis di Rusia yang terkait dengan Grup Wagner, yang menurut Uni Eropa terlibat dalam produksi minyak dan gas di Suriah juga terkena sanksi. Satu, Evro Polis LLC, dianggap oleh pejabat Barat sebagai kedok hukum untuk Grup Wagner di Suriah, di mana Rusia telah melakukan intervensi sejak 2015 dalam perang saudara.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)