Nikahi Wanita Penulis Penulis Novel Erotis, Uskup Spanyol Dilucuti Kekuasaannya

Senin, 13 Desember 2021 - 07:24 WIB
loading...
Nikahi Wanita Penulis Penulis Novel Erotis, Uskup Spanyol Dilucuti Kekuasaannya
Uskup Xavier Novell Goma, petinggi Gereja Katolik di Spanyol, dilucuti kekuasaannya karena menikahi wanita penulis novel erotis. Foto/Twitter via WION
A A A
MADRID - Gereja Katolik di Spanyol telah melucuti kekuasaan Uskup Xavier Novell. Musababnya, dia menikah dengan wanita penulis novel erotis.

“Seperti diketahui publik, Uskup Xavier Novell Goma, uskup emeritus Solsona, mengadakan pernikahan sipil dengan Silvia Caballol, pada 22 November 2021 di kota Suria, di provinsi Barcelona," kata Konferensi Episkopal Spanyol dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Jatuh Cinta dengan Penulis Novel Erotis, Uskup Ini Mengundurkan Diri

Pernyataan itu menambahkan bahwa Novell sekarang dilarang di bawah hukum kanon dari melaksanakan hak dan kewajiban apa pun yang melekat pada jabatan uskup, dan memperingatkan bahwa ada konsekuensi lain yang mungkin dapat mengikuti.

“Ini berarti bahwa meskipun Monsinyur Xavier Novell i Gomà mempertahankan gelarnya sebagai uskup, dia tidak dapat melakukan fungsi apa pun yang berhubungan dengan gelar itu. Oleh karena itu, dia dilarang untuk menyelenggarakan sakramen-sakramen atau terlibat dalam kegiatan mengajar apa pun, baik umum maupun pribadi," lanjut pernyataan tersebut, seperti dikutip dari The Guardian, Senin (13/12/2021).

Pembatasan lain untuk Novell, yang menjadi uskup pada 2010 pada usia 41 tahun, akan segera diumumkan pihak Gereja Katolik.

Tokoh konservatif itu pernah mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Agustus dan kemudian memicu skandal setelah situs web Religion Digital melaporkan bahwa dia menjalin hubungan dengan Silvia Caballol, seorang penulis novel erotis berjudul "The Hell of Gabriel's Lust".

Setelah mengundurkan diri, dia berkata: "Saya telah jatuh cinta dan ingin melakukan sesuatu dengan benar."

Novell, bagaimanapun, belum mengomentari keputusan pihak Gereja Katolik yang telah melucuti kekuasaannya.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1286 seconds (10.55#12.26)