Iran Siap Rekonstruksi Suriah yang Hancur Akibat Perang Saudara

Minggu, 12 Desember 2021 - 15:20 WIB
loading...
Iran Siap Rekonstruksi Suriah yang Hancur Akibat Perang Saudara
Kehancuran akibat perang saudara di Suriah. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Wakil Presiden Iran untuk urusan parlemen, Mohammad Hosseini, telah mengumumkan bahwa Iran siap membantu merekonstruksi Suriah , menyusul satu dekade konflik yang sedang berlangsung di mana Teheran terlibat.

Dalam pertemuan dengan Duta Besar Suriah untuk Iran, Shafiq Dayoub, Sabtu (11/12/2021), Hosseini menyatakan bahwa pemerintah Iran di bawah presiden baru Ebrahim Raisi memberikan prioritas besar untuk memperluas hubungan dengan negara-negara tetangga dan kawasan, terutama Suriah, yang disebutnya sebagai sekutu dan mitra strategis.



“Teheran akan berusaha keras untuk terus membantu rezim Suriah Bashar al-Assad dan untuk melindungi integritas teritorialnya dari oposisi Suriah dan negara-negara asing, termasuk dalam membantu rekonstruksi bagian-bagian negara di bawah kekuasaan Assad,” kata Hosseini.

Hosseini juga mengulangi seruan Iran agar pasukan Amerika Serikat (AS) menarik diri dari Suriah dan Irak – di mana mereka terus memiliki kehadiran dan pengaruh militer. Kondisi ini sama seperti saat mereka dipaksa meninggalkan Afghanistan setelah 20 tahun. Menurut Hosseini, mereka masih mencuri minyak Suriah dan secara mengejutkan dunia tidak mengutuk perilaku AS ini.

Kunjungan Dayoub ke Teheran dan jaminan dukungan Hosseini datang hampir sebulan setelah diplomat Iran dan Rusia bertemu untuk juga membahas kerja sama dalam rekonstruksi Suriah. Selama perang saudara di Suriah, baik Rusia dan Iran telah mendukung dan secara militer membantu rezim Assad.



Banyak yang memperkirakan bahwa karena Damaskus sebagian besar telah merebut kembali sebagian besar wilayah bekasnya, Moskow dan Teheran akan bersaing untuk mendapatkan sebagian besar bagian dalam membangun kembali Suriah, untuk mendapatkan kesepakatan dan pengaruh.

Beberapa tahun terakhir, bagaimanapun, telah terlihat keretakan muncul dalam hubungan antara pemerintah Assad dan Iran. Sebulan yang lalu, Assad dilaporkan telah dijauhi dan menuntut pencopotan jenderal utama Iran di Suriah, membuktikan kepada banyak orang bahwa rezim semakin curiga terhadap peran dan pengaruh Teheran di negara itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)