AS Jual Kapal Perang ke Yunani, Ini Reaksi Prancis

Minggu, 12 Desember 2021 - 13:18 WIB
loading...
AS Jual Kapal Perang ke Yunani, Ini Reaksi Prancis
Prancis mengatakan penjualan kapal perang AS tidak akan menghentikan kesepakatan dengan Yunani. Foto/Ilustrasi
A A A
PARIS - Amerika Serikat (AS) telah menyetujui penjualan senjata besar-besaran ke Yunani , termasuk empat kapal perang baru dan paket modernisasi besar senilai hingga USD9,4 miliar. Langkah ini berpotensi membatalkan kesepakatan awal serupa antara Prancis dengan Yunani.

Prancis pun bereaksi terhadap tawaran yang seolah mengingatkan kembali atas aksi AS menikung penjualan kapal selam ke Australia .

Kementerian Pertahanan Prancis dan Yunani telah mengkonfirmasi bahwa tawaran AS itu tidak akan berdampak pada kesepakatan bernilai miliaran yang sudah ditandatangani dan bersifat final untuk membeli fregat Belharra Prancis.

Kementerian Angkatan Bersenjata Prancis menyatakan bahwa kontrak pertahanan dengan Athena telah dimulai beberapa hari yang lalu, sebelum Departemen Luar Negeri AS mengumumkan persetujuannya atas potensi penjualan kapal fregat Amerika.



"Karena kami telah berdiskusi dengan Yunani, tawaran Amerika tidak lagi di atas meja. Kami juga menandatangani kontrak dengan Yunani," katanya seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (12/12/2021).

Selain itu kali ini, menurut militer Prancis, AS telah memperingatkan bahwa pengumuman ini akan dirilis dan Amerika diduga tidak memiliki keinginan untuk melangkah lebih jauh dengan penjualan fregat mereka yang sebenarnya.

Kementerian Pertahanan Yunani juga menegaskan bahwa kesepakatan dengan Paris adalah final, karena telah dinegosiasikan pada tingkat tertinggi dan diumumkan secara pribadi oleh Perdana Menteri (PM) Yunani Kyriakos Mitsotakis. Kontrak yang telah diselesaikan diduga diharapkan akan diratifikasi oleh Parlemen Yunani segera.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya telah menyetujui penjualan empat fregat tempur Lockheed Martin senilai USD6,9 miliar, dan program terpisah senilai USD2,5 miliar untuk meningkatkan fregat kelas MEKO Yunani.



Pengumuman tersebut memicu beberapa kekhawatiran atas perjanjian Athena-Paris, terutama setelah konstruksi kapal selam "kesepakatan abad ini" yang sudah lama ada antara Prancis dan Australia tiba-tiba dirusak oleh pakta AUKUS yang mengejutkan pada bulan September, tanpa peringatan sebelumnya.

Paris yang marah menuduh Washington dan Canberra melakukan "tikaman dari belakang", sementara hanya dua minggu kemudian Macron naik panggung dengan PM Yunani untuk secara pribadi mengumumkan penjualan setidaknya tiga kapal perang Prancis ke Athena dengan harga sekitar USD3,5 miliar, dengan mengatakan sudah waktunya untuk “berhenti bersikap naif” sambil menggembar-gemborkan kesepakatan baru sebagai tanda otonomi dan kedaulatan strategis Eropa.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)