Gaet Lulu Hypermarket, Komite ASEAN di Doha Promosikan Produk Indonesia

Jum'at, 10 Desember 2021 - 09:45 WIB
loading...
Gaet Lulu Hypermarket, Komite ASEAN di Doha Promosikan Produk Indonesia
Produk negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, dipromosikan di ASEAN Festival yang berlangsung di Doha, Qatar. Foto/KBRI Doha
A A A
DOHA - Kedutaan Besar Negara-Negara ASEAN di Doha, Qatar , atau yang tergabung dalam ASEAN Committee in Doha (ACD), bekerjasama dengan Lulu Hypermarket menyelenggarakan ASEAN Festival selama tujuh hari dari tanggal 9-15 November 2021. Kegiatan tersebut mengambil tempat di salah satu cabang Lulu terbesar di Qatar, Lulu Abu Sidra.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) di Doha, Ridwan Hassan, selaku Ketua ACD dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ASEAN Festival bertujuan untuk membuka peluang lebih besar lagi bagi produk-produk asal ASEAN, termasuk Indonesia, untuk memasuki Qatar dan Timur Tengah.



“ASEAN adalah kekuatan besar. Di Tahun 2030, ASEAN diprediksi menjadi kekuatan ekonomi terbesar keempat di dunia. Oleh karena itu, sudah selayaknya para pelaku bisnis di Qatar mempertimbangkan ASEAN secara serius,” kata Dubes Ridwan, dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.com, Jumat (10/12/2021).

Pada tahun 2020, volume perdagangan antara Qatar dan negara- negara ASEAN mencapai USD9 miliar. Selain itu, Qatar juga menjadi investor penting bagi negara-negara ASEAN khususnya untuk bidang energi, keuangan, properti, telekomunikasi, kesehatan dan sebagainya.

Di bidang sosial kemasyarakatan, saat ini, ada sekitar 300.000 warga negara dari ASEAN yang tinggal dan bekerja di Qatar. Mayoritas dari mereka berasal dari Filipina, Indonesia dan Thailand.

Selama ini, Lulu Hypermarket adalah salah satu pusat perbelanjaan yang cukup besar menampung produk dari negara- negara ASEAN. Dari Indonesia, misalnya, produk seperti penyedap makanan, buah-buahan, mie instan atau saus sudah sejak lama masuk ke Lulu.

Ke depan peluang kerja sama Lulu dan negara-negara ASEAN masih sangat terbuka. Apalagi produk darj negara-negara ASEAN selama ini sangat diminati oleh masyarakat Timur Tengah. Namun demikian, promosi atas produk-produk dari ASEAN tersebut masih perlu ditingkatkan ke depan terutama untuk produk-produk pertanian.

Pembukaan ASEAN Festival dilakukan dengan meriah. Selain dihadiri oleh para petinggi Lulu Hypermarket seperti Muhammad Atlaf (Direktur Kerja Sama International Lulu Group), juga turut hadir para Dubes Negara ASEAN, Australia, Korea dan Republik Rakyat China (RRC).

Dalam kegiatan tersebut juga turut ditampilkan kesenian, pakaian dan makanan khas asal Indonesia dan dari negara ASEAN lain.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)