AS Gagalkan Upaya Penyelundupan Senjata Iran untuk Pemberontak Houthi Yaman

Rabu, 08 Desember 2021 - 23:45 WIB
loading...
AS Gagalkan Upaya Penyelundupan Senjata Iran untuk Pemberontak Houthi Yaman
Senjata asal Iran yang berhasil disita Angkatan Laut AS. FOTO/Justice.gov
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyita dua gudang besar senjata Iran , termasuk 171 rudal permukaan-ke-udara dan delapan rudal anti-tank yang ditujukan untuk milisi Houthi di Yaman . Departemen Kehakiman AS pada Selasa (7/12/2021), menyatakan, pasukan Angkatan Laut AS menyita senjata dari dua kapal di Laut Arab saat melakukan operasi keamanan maritim rutin.

Menurut pernyataan yang dirilis oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat di websitenya, pemerintah AS juga menyita sekitar 1,1 juta barel produk minyak Iran dari empat kapal tanker berbendera asing di atau sekitar Laut Arab saat dalam perjalanan ke Venezuela. Tindakan ini mewakili penyitaan pengiriman bahan bakar dan senjata terbesar yang pernah dilakukan pemerintah dari Iran.



“Tindakan Amerika Serikat dalam dua kasus ini merupakan pukulan telak bagi Pemerintah Iran dan jaringan kriminal yang mendukung Korps Pengawal Revolusi Islam Iran,” kata Asisten Jaksa Agung Matthew G. Olsen dari Divisi Keamanan Nasional Departemen Kehakiman.

“Departemen Kehakiman akan terus menggunakan semua alat yang tersedia untuk memerangi ancaman yang ditimbulkan oleh organisasi teroris dan semua orang yang berusaha untuk menyakiti Amerika Serikat dan sekutunya,” lanjutnya.

Sementara Jaksa AS untuk Distrik Columbia, Matthew M. Graves, menyatakan, dua kasus ini menunjukkan bahwa AS tidak hanya dapat mengganggu kemampuan Korps Pengawal Revolusi Islam untuk membiayai operasinya melalui penjualan minyak bumi, tetapi kita juga dapat menggagalkan kemampuannya untuk menggunakan hasil penjualan tersebut untuk mempersenjatai proksi terorisnya dan mengekspor terorisme ke luar negeri.



“Mengingat keahlian dan otoritas undang-undang khusus kami, Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Columbia memiliki posisi unik untuk mendukung mitra penegak hukumnya dalam kasus terorisme semacam itu. Kami sangat berkomitmen untuk misi ini,” tandas M. Graves.

Sukesnya operasi ini adalah hasil kolaborasi sejumlah elemen dalam pemerintahan AS. “Upaya gabungan FBI dan mitra kami untuk merebut rudal dan lebih dari 1 juta barel minyak menunjukkan komitmen kami untuk bertahan melawan organisasi teroris asing dan menegakkan sanksi AS,” kata Asisten Direktur Alan E. Kohler Jr. dari Divisi Kontra Intelijen FBI.

“Pensponsoran terorisme Pemerintah Iran telah meninggalkan korban yang tidak bersalah di belakangnya dan upayanya untuk mendukung rezim yang berbahaya bagi Amerika Serikat dan sekutu kami akan dipenuhi dengan kekuatan hukum penuh. FBI memiliki tekad yang berkelanjutan untuk meminta pertanggungjawaban Pemerintah Iran atas tindakan ilegalnya, dan kami mendesak siapa pun yang memiliki informasi tentang pelanggaran sanksi terhadap Iran untuk menghubungi FBI,” lanjutnya.



Komando Pusat Angkatan Laut AS (NAVCENT) menyita senjata dari dua kapal tanpa bendera di Laut Arab masing-masing pada 25 November 2019, dan 9 Februari 2020. Senjata-senjata itu termasuk 171 peluru kendali anti-tank, delapan rudal permukaan-ke-udara, komponen rudal jelajah serangan darat, komponen rudal jelajah anti-kapal, optik senjata termal dan komponen lain untuk rudal dan rudal tak berawak.

Pada tanggal 2 Juli 2020, Amerika Serikat juga mengajukan pengaduan di District of Columbia yang berusaha untuk kehilangan semua kargo produk minyak bumi di atas empat kapal tanker minyak berbendera asing. Keluhan tersebut menuduh bahwa minyak bumi berasal dari Iran, dan penjualan minyak itu menguntungkan IRGC, entitas Iran yang diberi sanksi. Pada 1 Oktober 2021, pengadilan mengabulkan mosi pemerintah untuk penilaian default dan memasukkan perintah penyitaan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)