Ini Komentar Tegas AS tentang Rencana Invasi Ukraina oleh Rusia

Rabu, 08 Desember 2021 - 06:20 WIB
loading...
Ini Komentar Tegas AS tentang Rencana Invasi Ukraina oleh Rusia
Pasukan Ukraina menggelar latihan militer dekat perbatasan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) tidak percaya Presiden Rusia Vladimir Putin telah membuat keputusan untuk "menyerang" Ukraina. Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengungkapkan itu setelah pembicaraan telekonferensi Putin dengan Presiden AS Joe Biden.

"Kami masih tidak percaya Presiden Putin telah membuat keputusan untuk menyerang lebih lanjut Ukraina,” ungkap Sullivan kepada wartawan di Gedung Putih pada Selasa sore (7/12/2021).

“Apa yang dilakukan Presiden Biden hari ini adalah dengan sangat jelas menjelaskan konsekuensinya jika dia memilih bergerak,” papar dia.



Pemerintahan Biden sebelumnya menuduh Moskow merencanakan invasi ke Ukraina pada Januari, yang ditolak Kremlin sebagai “berita palsu.”



Pada Selasa, Sullivan yang melakukan panggilan telepon dengan Putin mengatakan, “AS siap membentengi sekutu NATO kami di sisi timur dengan kemampuan tambahan,”jika pasukan Rusia menyeberang ke Ukraina.



Dia tidak akan mengungkapkan sanksi dan tindakan spesifik yang mengancam Rusia, tetapi mengatakan, “Hal-hal yang tidak kami lakukan pada 2014, kami siap untuk melakukannya sekarang.”

Menjawab pertanyaan tentang pipa gas Nord Stream 2, yang akan mengangkut gas alam dari Rusia ke Jerman setelah mendapat persetujuan dari regulator di Berlin, Sullivan mengatakan itu bukan leverage untuk Putin saat ini, tetapi justru "leverage untuk Barat".

“Gas saat ini tidak mengalir sekarang melalui Nord Stream 2, dan jika Putin ingin melihatnya mengalir, dia akan menahan diri untuk tidak menyerang Ukraina,” tutur Sullivan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)