Gempur Pelabuhan Suriah, Israel Targetkan Kontainer Senjata Iran

Selasa, 07 Desember 2021 - 18:01 WIB
loading...
Gempur Pelabuhan Suriah, Israel Targetkan Kontainer Senjata Iran
Serangan udara Israel ke pelabuhan Suriah menyasar kontainer senjata Iran. Foto/Time.news
A A A
DAMASKUS - Serangan udara Israel di pelabuhan Latakia, Suriah pada Selasa (7/12/2021) menghantam kontainer pengiriman senjata Iran . Ini adalah serangan pertama terhadap fasiltas utama itu.

"Serangan Israel secara langsung menargetkan pengiriman senjata Iran di halaman kontainer,” kata kelompok pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) seperti dilansir dari laman The Defense Post.

Media pemerintah Suriah melaporkan serangan di halaman peti kemas di pelabuhan Latakia tanpa merinci apa yang ditargetkan.

SOHR, sebuah organisasi yang berbasis di Inggris dengan jaringan sumber yag luas di lapangan di seluruh Suriah, mengatakan serangan itu memicu serangkaian ledakan.

Serangan ini melaporkan kerugian material yang besar tetapi menambahkan tidak ada laporan langsung tentang korban.



Menurut kantor berita pemerintah Suriah, SANA, serangan itu terjadi pada pukul 01:23 dini hari waktu setempat.

“Pertahanan udara kami memukul mundur agresi Israel di Latakia,” kata pemerintah Suriah, seraya menambahkan bahwa sejumlah kontainer terbakar dalam serangan itu.

Latakia adalah pelabuhan utama Suriah paling utara, dan terletak sekitar 230 kilometer utara Damaskus.

Foto dan rekaman yang diterbitkan oleh SANA menunjukkan kebakaran di halaman tetapi televisi pemerintah kemudian mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran telah berhasil mengendalikan kebakaran tersebut.

Israel jarang berkomentar tentang serangan udara yang dilakukannya di Suriah tetapi telah berulang kali mengatakan tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya, Iran, memperluas jejaknya di Suriah.



Sejak perang saudara pecah di Suriah pada 2011, Israel telah melakukan ratusan serangan udara terhadap wilayah Suriah, menargetkan posisi pemerintah serta pasukan sekutu yang didukung Iran dan pejuang Hizbullah.

Pada 24 November, serangan rudal Israel di barat provinsi Homs menewaskan lima orang, menurut SOHR.

Dalam dua serangan terpisah Israel pada Oktober, lima milisi pro-Iran tewas di dekat ibu kota Suriah, Damaskus, sementara sembilan pejuang pro-pemerintah tewas di dekat pangkalan udara T4 di timur Palmyra di Suriah tengah, kata SOHR.

Iran telah menjadi pendukung utama pemerintah Suriah dalam konflik yang telah berlangsung selama satu dekade.

Iran membiayai, mempersenjatai, dan memimpin sejumlah kelompok milisi Suriah dan asing yang bertempur bersama angkatan bersenjata reguler, yang di antaranya adalah kelompok Hizbullah yang kuat di Lebanon.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)