Ancaman Meningkat, Jepang Tegaskan Ingin Gempur Pangkalan Musuh

Selasa, 07 Desember 2021 - 07:43 WIB
loading...
Ancaman Meningkat, Jepang Tegaskan Ingin Gempur Pangkalan Musuh
Pasukan Bela Diri Darat Jepang menggelar latihan di dekat Gunung Fuji, Jepang. Foto/REUTERS
A A A
TOKYO - Jepang sedang mencari cara meningkatkan postur pertahanannya, termasuk mendapatkan kemampuan menyerang "pangkalan musuh." Keinginan ini ditegaskan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida pada Senin (6/12/2021).

Sikap Jepang ini menandakan potensi pergeseran formal dari sikap pasifis negara itu pasca-Perang Dunia II.

Pernyataan tegas tersebut disampaikan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida saat dia berbicara kepada parlemen selama pembukaan sesi sidang luar biasa.



Pertemuan di parlemen itu diadakan untuk memperdebatkan pengeluaran tambahan untuk mengatasi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19.



“Untuk melindungi kehidupan dan mata pencaharian masyarakat, kami akan memeriksa semua opsi termasuk kemampuan menyerang pangkalan musuh … dan memperkuat postur pertahanan kami secara fundamental dengan kecepatan,” ujar Kishida, dilansir RT.com pada Senin (6/12/2021).



PM mengeluarkan pernyataan serupa pekan lalu, ketika dia menghadiri peninjauan pangkalan Pasukan Bela Diri (SDF) dan bahkan mengendarai tank selama acara tersebut.

“Mendapatkan kemampuan serangan untuk menargetkan pangkalan musuh mungkin diperlukan karena Tokyo tidak dapat mengabaikan perkembangan (Korea Utara) baru-baru ini dan peningkatan teknologi baru seperti senjata luncur hipersonik dan rudal dengan orbit tidak teratur,” ungkap dia saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)